Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Okt 2017 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gili Trawangan Lombok, Katanya Tak Pernah Tidur

pesonalombok
d'travelers
Foto 1 dari 5
Keindahan bawah laut di Gili Trawangan
Keindahan bawah laut di Gili Trawangan
detikTravel Community -

Gili adalah sebutan untuk pulau kecil di provinsi Nusa Tenggara Barat. Terletak di kabupaten Lombok Utara, pulau satu ini katanya tak pernah tidur.

Setibanya di Gili Trawangan Lombok, Anda akan disambut dengan jernihnya air laut serta pasir putih yang lembut. Mengundang Anda untuk segera menikmati suasana pantai Gili Trawangan. Untuk Anda yang ingin snorkeling di sepanjang pinggir pantai ada beberapa stand yang menyewakan alat snorkeling lengkap dengan pelampungnya.

Gili Trawangan Lombok punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Oleh karenanya pulau ini disebut tak pernah tidur.

Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Gili Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau. Atau hanya ingin sekedar berenang atau bermain air, Gili Trawangan relatif aman karena ombaknya yang tidak besar. Cocok bagi Anda yang membawa buah hati untuk sepuasnya bermain air atau bermain pasir, tapi tetap harus Anda awasi.

Di Gili Trawangan Lombok (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo atau delman, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok.

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Gili Trawangan Lombok merupakan satu-satunya pulau yang memiliki dataran lebih tinggi diantara Gili yang lainnya, dan memiliki panjang 3 km serta lebar 2 km. Gili Trawangan memiliki populasi sekitar 800 jiwa dengan penduduk asli Sasak dan paling padat populasinya.

Akses ke Gili Trawangan:

A. Bandara Internasional Lombok (BIL)

Apabila Anda berasal dari luar daerah pulau Lombok dan menggunakan mode transportasi pesawat terbang. Maka akses menuju Gili Trawangan Lombok bisa ditempuh dengan beberapa pilihan, diantaranya menggunakan:

Taksi Bandara

Perjalanan ke Pantai Senggigi, kemudian diteruskan dengan menyewa speed boat menuju Gili Trawangan Lombok. Biaya sewa speed boat sekitar Rp. 500 ribu untuk sekali jalan dan bisa di isi sampai 8 orang.

Pelabuhan Bangsal, yaitu pelabuhan tempat menyebrang menuju Gili Trawangan Lombok dengan menggunakan kapal maupun speed boat. Karcis kapal biasa Rp. 15 ribu per orang untuk sekali jalan dan karcis speed boat Rp. 70 ribu per orang untuk sekali jalan. Karcis bisa dibeli di loket yang terdapat di area Pelabuhan bangsal sekaligus tempat untuk menunggu keberangkatan.

Teluk Nare, hampir sama seperti pantai Sengigi untuk menyebrang menuju Gili Trawangan. Traveler bisa menyewa Speedboat dengan harga berkisar Rp. 500 ribu untuk sekali jalan.

Bus Damri, dengan rute sebagai berikut:

Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Pantai Senggigi, waktu tempuh : ± 1,5 Jam. Tarif Rp. 25 ribu dengan jam operasional dari pukul 03.00 WITA s/d 20.00 WITA (berangkat setiap 2 jam).

Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Terminal Bis Mandalika Mataram, waktu Tempuh : ± 1 Jam. Tarif Rp 20 ribu dengan jam operasional dari pukul 04.00 WITA s/d 19.00 WITA (berangkat setiap 1 jam).

Bagi Anda yang senang backpacker bisa menggunakan rute menuju Terminal Bis Mandalika, kemudian meneruskan dengan menggunakan Elf jurusan kota Tanjung (Lombok Utara). Berhenti di gapura pelabuhan Bangsal, kemudian meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1KM menuju pelabuhan Bangsal atau dengan menggunakan transportasi tradisional yang di sebut Cidomo (delman).

B. Terminal Bus Mandalika

Apabila menggunakan bis dari luar daerah pulau Lombok, maka akan berhenti di Terminal Mandalika. Untuk menuju Gili Trawangan Lombok, bisa ditempuhkan dengan menggunakan elf yang menuju kota Tanjung (lombok utara). Sama seperti yang diuraikan diatas dengan menggunakan bus Damri.

C. Pelabuhan Benoa BaliAda beberapa speed boat ukuran besar yang langsung menuju Gili Trawangan Lombok. Untuk harga karcis menuju Gili Trawangan Lombok berkisar Rp 450 ribu sampai Rp 700 ribu orang sekali jalan bervariasi harganya tergantung jenis fastboat dan operator.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED