Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Ags 2017 15:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada yang Segar-segar di Jakarta

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Taman Spathodea berada di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan
Taman Spathodea berada di Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan
detikTravel Community - Jakarta identik dengan gedung-gedung tinggi. Masih sedikit yang tahu kalau Jakarta punya taman kota hijau yang menyegarkan mata, namanya Taman Spathodea.

Taman Spathodea berada di pinggir jalan Kebagusan Raya, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Lokasinya sangat mudah ditemukan. Akses menuju ke taman ini juga mudah, bagi yang menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik Mikrolet M17 tujuan Pasar Minggu-Lenteng Agung.

Taman ini disebut Taman Spathodea karena di taman ini banyak ditumbuhi pohon Spathodea campanulata. Tanaman dari benua Afrika yang sering juga disebut sebagai African Tulip Tree. Selain Spathodea disini juga tumbuh pohon flamboyan, glodogan, angsana, nangka, mahoni dan Mangga.

Sebelum menjadi taman yang Indah dan asri seperti yang kita lihat sekarang ini, dahulunya taman ini adalah lahan kolam empang warga dan tempat pembuangan sampah. Taman ini berada diantara perumahan-perumahan elite.

Kemudian oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman mengubah lahan tersebut menjadi taman. Fasilitas yang tersedia di taman ini sangat lengkap. Ada lintasan jogging, kolam ikan, outdoor gym, serta taman bermain untuk anak-anak.

Taman yang rindang dan sejuk disertai dengan fasilitas penunjangnya membuat Taman Spathodea sangat cocok bagi remaja untuk berolahraga serta cocok juga bagi mereka yang ingin membawa serta anak-anak.

Taman Spathodea dibuka dari mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Di hari biasa taman ini baru ramai ketika menjelang sore.

Sedangkan di akhir pekan, taman ini sudah ramai sejak pagi. Mereka umumnya datang untuk berolahraga atau hanya sekedar jalan santai.

Perlu diketahui, di dalam taman ini tidak ada penjual makanan atau minuman. Namun pengelola masih memperkenankan bagi pengunjung yang membawa makanan atau minuman ke dalam taman dengan catatan harus membuang sampah pada tempatnya.

Dari pengamatan saya memang Taman Spathodea sangat terjaga kebersihan dan keasriannya. Tidak ditemukan sampah disepanjang lintasan jogging dan sekitarnya, membuat saya dan pengunjung lainnya betah untuk berlama-lama di sini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED