Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Des 2017 10:22 WIB

D'TRAVELERS STORIES

10 Aktivitas Liburan ala Warga Lokal Prancis

Angelica Andani Wedyanastiti
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pasar
Pasar
detikTravel Community - Tak lengkap rasanya liburan ke Prancis tanpa beraktivitas seperti warga lokal sana. Ini 10 kegiatan liburan ala orang Prancis yang bisa dilakukan traveler.

Hidup dan tinggal di Prancis memang selalu jadi impian banyak orang. Apabila belum ada kesempatan untuk menetap, berlibur ke Paris adalah awal yang baik dan waktu yang tepat untuk merasakan kehidupan ala Prancis! Lakukan hal-hal berikut dan manfaatkan hari-hari liburan kita untuk menjadi seorang Parisian!

1. Makan Siang Bersama


Makan siang di Brasserieatau Restoran pada akhir pekan sedang jadi tren di Paris! Parisians sangat senang menikmati brunch atau makan siang sambil berbincang-bincang bersama teman. British style brunch dengan egg benedict, smoked salmon, dan bacon saat ini sedang populer di kalangan Parisian.

Selain itu, American scrambled eggs juga menjadi salah satu menu wajib untuk dinikmati sembari bercanda tawa dengan teman!

Jangan lupa sediakan waktu kita untuk makan siang di brasserie atau restoran lokal dan menyantap makanan lezat sambil menikmati pemandangan Kota Paris!

2. Foto 'Ala-ala' di antara Gedung-Gedung Indah


Tentunya jalan-jalan kecil dengan bangunan indah menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi Paris. Jangan lupa untuk mengabadikannya! Luangkan sedikit waktu kita untuk berpose saat sedang menyebrang jalan atau saat sedang melihat-lihat toko bunga yang indah!

Kafe di pojokan-pojokan jalan, jejeran roti di boulangerieyang sangat harum, pasar barang bekas di tengah kota. Semuanya berbaris dengan rapi dan indah. Bangunan-bangunan dengan arsitektur Ottoman di Paris memang sangat dijaga keasliannya oleh pemerintah Prancis.

3. Sampaikan Salam: Bonjour, Merci, Au revoir, dan 'Cipika-Cipiki'

Tidak perlu khawatir jika tidak bisa berbahasa Prancis! Senyum sudah menjadi bahasa sendiri di antara penduduk lokal Prancis. Selalu ucapkan salam dan berikan senyuman terbaik kita!

Ucapkan 'bonjour!' (Halo!) saat kita tiba di restoran, toko roti, butik, dll. Saat akan meninggalkan tempat tersebut, sampaikan 'Merci!'(Terima kasih!) dan 'Au revoir!' (Sampai jumpa!). Tidak ada salahnya jika kita juga mengucapkan 'bonne journe!' (semoga harimu menyenangkan!) sebelum keluar dari restoran atau toko.

Salah satu hal menarik yang dilakukan oleh orang Prancis adalah menyampaikan salam dengan mencium kedua pipi atau 'cipika-cipiki'. Tanpa peduli jenis kelamin ataupun usia, salam ini selalu berhasil membuat suasana menjadi hangat!

4. Kunjungi Menara Eiffel, Sacr-Cur, Arc de Triomphe, Notre-Dame

Berbagai monumen bersejarah, gedung opera yang megah, gereja, museum, galeri seni semuanya ada di Paris dan tentu saja tidak boleh dilewatkan! Selain wisatawan, penduduk lokal juga senang mengunjungi pameran atau museum - dan itu sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari mereka.

Banyak museum di Paris buka hingga pukul 9 malam setiap hari Kamis dan biasanya lebih sepi dibanding siang hari. Salah satunya adalah Muse d'Orsay. Setiap Kamis malam, banyak pengunjung yang datang dengan pakaian rapi - mereka mengunjungi museum untuk melepaskan penat setelah bekerja seharian.

5. Tiru Gaya Hidup Mereka


Kehidupan Parisians di akhir pekan menjadi sangat menarik! Saat cuaca sedang bersahabat, mereka kerap pergi keluar rumah untuk menyeruput kopi di kafe-kafe terbuka, duduk-duduk di tepi sungai Seine, berjemur di taman sambil membaca buku, mengunjungi museum, atau pun main skateboard di sepanjang jalan.

Jangan lupa juga untuk amati gaya berpakaian mereka. Pria ataupun wanita, tua ataupun muda, mereka selalu mengenakan pakaian terbaiknya. Kereta bawah tanah, restoran, atau ruang pedestrian selalu menjadi panggung peragaan busana yang dipenuhi oleh Parisian bergaya chic!

6. Nikmati hidangan di Restoran Michelin

Prancis memiliki hingga 600 restoran berbintang Michelin pada tahun 2016. Memang, kerumitan dan kemewahan masakan Prancis menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan.

Siapkan satu hari untuk memesan tempat di salah satu restoran berbintang Michelin dan nikmatilah santapan malam dengan teknik tinggi dan kaya akan rasa!

7. Pergi ke Pusat Perbelanjaan atau Drugstore

Sebagai wisatawan, kita berhak mendapatkan tax refund jika berbelanja di Prancis. Manfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya dengan mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan di Paris seperti Galeries Lafayette.

Apabila sedang tidak ingin berbelanja, berkeliling di dalam bangunan bersejarah ini juga menyenangkan. Selain itu, kita juga bisa makan di restoran yang terletak di lantai paling atas sambil menikmati pemandangan Paris yang menakjubkan!

Drugstore (atau dalam bahasa Prancis pharmacie) juga menjadi tempat favorit para pecinta produk kecantikan. Penduduk lokal senang sekali pergi ke sini untuk berburu 'harta karun' karena drugstore di Paris menawarkan berbagai macam produk kecantikan!

8. Cicipi Macaron, Croissant, dan Baguette

Orang Prancis selalu menyisakan ruang di perut mereka untuk makanan penutup. Jika penasaran dan ingin mencicipi macaron, Ladure atau Pierre Herm adalah pilihan yang tepat! Kita juga harus mencoba makanan penutup populer lainnya seperti tarte aux pommes (pie apel), tarte au citron (pie lemon), dan millefeuille.

Pergi ke toko roti untuk sarapan? Oh, benar-benar 'La Franaise'! Menu sarapan terbaik ala Prancis: Croissant / Pain au chocolat + espresso

Jangan lupa juga untuk membeli roti khas mereka, baguette. Orang Prancis biasanya membeli baguette dan membawanya pulang dengan 'menjepitnya' di antara tangan dan badan sepanjang jalan (tepatnya, di bawah ketiak!).

Setiap pagi kita bisa mencium harumnya aroma roti yang baru selesai dipanggang, menikmati roti yang renyah di luar namun lembut di dalam, menyeruput kopi panas. Benar-benar perpaduan yang sempurna untuk mengawali hari!

9. Piknik dan Bersantai di Taman Champs de Mars, Depan Menara Eiffel


Saat hari sedang cerah, pergilah ke taman-taman di Paris: Champs de Mars, Sacr-Cur, Luxembourg atau juga ke kanal-kanal sungai Seine untuk menikmati matahari bersama para para penduduk lokal.

Biasanya mereka akan bersantai sambil minum wine, makan snack,ataupun membaca buku. Sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu di sore hari.

10. Belanja di Pasar Tradisional atau Pasar Barang Bekas


Tidak sulit menemukan pasar di Paris! Penduduk lokal sangat senang pergi ke pasar untuk berbelanja buah atau sayur yang segar. Selain itu, mereka juga senang 'menggali harta karun' di pasar-pasar barang bekas untuk menambah pajangan dan mempercantik rumah mereka. Kunjungi Le Marais dan March de la Bastille ika ingin merasakan serunya berbelanja di pasar lokal Paris!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED