Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Sep 2017 12:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Labuan Bajo Punya Air Terjun Secantik Ini

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Duduk santai sambil menikmati pemandangan air terjun memberikan kedamaian tersendiri
Duduk santai sambil menikmati pemandangan air terjun memberikan kedamaian tersendiri
detikTravel Community - Labuan Bajo di NTT terkenal dengan bentang alam berupa pantai dan lautan biru jernih. Jangan salah, di sana juga ada air terjun yang super cantik!

Keindahan alam Labuan Bajo memang sangat memikat. Air terjun Cunca Wulang salah satu buktinya yang wajib traveler datangi bila ingin merasakan nuansa Green Canyon di Pangandaran.

Kami yang sedang berada di Labuan Bajo juga tidak melewatkan kesempatan ini. Penasaran seperti apa air terjun yang mirip Green Canyon ini. Dengan berkendara motor sewa yang seharga Rp 75 ribu, kami menuju lokasi berbekal petunjuk arah yang kami dapatkan dari tempat penginapan. Dari pusat kota Labuan Bajo, melewati jalan besar beraspal bagus lumayan berlika-liku dan naik turun. Setelah satu jam kami sudah mencapai gapura Desa Cunca.

Air terjun Cunca Wulang dinamakan demikian karena sesuai keberadaannya di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat. Di dalam Bahasa Indonesia, air terjun Cunca Wulang berarti air terjun Bulan.

Tak jauh dari gapura kami menemukan tempat penjualan tiket masuknya. Dengan harga Rp.20 ribu untuk wisatawan lokal, Rp.30 ribu untuk wisatawan asing. Untuk memasuki kawasan air terjun diharuskan bersama guide. Harga sewa guidenya Rp 100 ribu (per satu orang guide).

Setelah menyelesaikan pembayaran, kami bergerak memasuki kawasan air terjun ditemani seorang guide yang sangat ramah. Air terjun Cunca Wulang berada di kawasan hutan Mbeliling. Dengan berjalan kaki kami melewati jalur trekking hutan basah di antara bebatuan dan semak-semak.

Medannya tidak terlalu sulit,tidak ada banyak pendakian atau turunan. Tapi lumayan panjang sekitar 2 km dengan menempuh waktu hampir satu jam. Dan memang benar penampakan area sekitar air terjun ini mirip Green Canyon tapi ini versi mininya.

Air terjun Cunca Wulang berada di ketinggian 200 mdpl. Aliran airnya terlihat dingin dan sejuk. Di aliran sungai ini sangat memungkinkan untuk dipakai berenang. Tapi tentunya harus minta persetujuan oleh sang guide terlebih dahulu. Karena meskipun kedalamannya cuma 10 meter, tapi arusnya keras sekali. Salah-salah nanti malah terjebak di antara bebatuan.

Cukup duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan air terjun saja sudah memberikan rasa damai tersendiri. Berwisata ke sini sunguh memberikan pengalaman yang luar biasa dan tidak dapat dilupakan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Saat White House Direnovasi

Selasa, 26 Sep 2017 23:15 WIB

White House adalah Istana Kepresidenan AS yang selalu bikin penasaran traveler. Rupanya, Gedung Putih sudah direnovasi pada awal Agustus lalu. Ini fotonya: