Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Des 2017 18:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sunset Instagramable di Candi Barong

Rina Tri Handayani
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Sunset instagramable di Candi Barong
Sunset instagramable di Candi Barong
detikTravel Community - Selain sarat sejarah, Candi Ijo di Klaten juga menjadi spot untuk melihat sunset cantik. Seperti ini pesonanya.

Pulang ke kampung halaman selalu menjadi moment istimewa bagi saya. Ini artinya kami tak sekedar melakukan perjalanan tapi juga traveling. Mengunjungi surga-surga tersembunyi di sekitar rumah karena terbatasnya waktu.

Alangkah beruntungnya, saya yang memiliki tanah kelahiran Klaten, kota kecil yang diapit dua kota Yogyakarta dan Solo. Kota yang seakan tiada habisnya akan kekayaan wisata baik alam, budaya maupun buatan manusia.

Lebaran kemarin kami tak mudik. Gantinya pulang kampung jelang Hari Raya Idul Adha. Moda transportasi kereta api pun jadi andalan.

Pilihan saya jatuh pada kereta api Lodaya Bandung-Klaten (tujuan akhir Solo Balapan) yang akan mengantar kami bersua dengan orang tua dan sanak keluarga yang lain.

Hari kedua di rumah, kami segera mencari tempat wisata yang dijangkau cepat. Rencananya kami ingin ke Candi Ijo yang katanya memiliki sunset yang indah. Tapi, berhubung waktu semakin sore atas rekomendasi dari bapak pemilik warung di pinggir jalan, kami singgah di Candi Barong.

Saya yang katrok mungkin. Untuk lokasinya yang tak terlalu jauh dari Candi Prambanan, saya malah baru mengetahui tentang candi ini.

Kompleks candinya tidak terlalu luas. Untuk sampai ke candi utama harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati taman dan pelataran lalu naik tangga. Dan lihatlah mentari yang akan ke peraduan itu. Cantik sekali bukan. "Seperti di film-film!" kata saya pada Darma Legi, suami yang mengabadikan lewat bidikannya.

Saya susah mendeskripsikannya dengan kata-kata. Saking indahnya, mata terpaku, saya geming menyaksikan surya perlahan meninggalkan pohon jati yang disinarinya.

Cahaya keemasan pun mulai menimpa bangunan candi yang reruntuhannya ditemukan tahun 1913 oleh orang Belanda. Nun kejauhan di sisi utara, Merapi pun tak kalah gagahnya. Pesona yang tiada tara.

Sunset atau sunrise menjadi fenomena alam yang mungkin paling dicari traveler atau pemburu fotografi. Bintang terdekat dengan bumi ini selalu menarik.

Walau malam berganti pagi dan siang berganti malam setiap hari, tapi matahari selalu mempunyai sisi berbeda di mana ia dipandang.

Dari puncak-puncak gunung kita rela menembus dinginnya pagi-pagi buta untuk sunrise tercantik. Di tepi-tepi pantai, diiringi deburan ombak kita menanti matahari tenggelam di batas cakrawala. Tentunya dengan faktor keberuntungan juga sebab kadang cuaca tak bersahabat atau awan yang menghalangi sang primadona fotografer.

Kalau tidak ada waktu ke Parangtritis, Candi Barong yang terletak di atas salah satu bukit pegunungan kidul ini bisa menjadi alternatif pecinta sunset.

Candi Hindu ini menghadap ke arah terbenamnya matahari dengan pemandangan ladang dan bukit yang tandus. Konon, kondisi geografis ini yang mendasari pembangunan candi.

Sebuah candi yang digunakan untuk pemujaan memohon kesuburan pada Dewa Wishnu dan Dewi Laksmi. Karenanya, Candi Barong merupakan perlambang kesuburan.

Terkait nama Barong diambil dari arca barong atau kala yang ada di sekeliling candi. Barong dipercaya perwujudan singa atau beruang (bakhruang/baruang, Bahasa Kawi) yang merupakan simbol kebaikan atau kemenangan.

Kompleks ini masih relatif sepi pengunjung, mungkin karena letaknya yang di atas bukit. Tersembunyi atau mblusuk menembus pepohonan jati di kiri kanan jalan. Tanpa penunjuk arah mungkin tak akan ada yang mengira terdapat candi di lokasi seperti ini.

Tak jauh dari lokasi ini terdapat reruntuhan candi yang katanya akan segera dibangun. Oh iya, dari sini kita bisa melihat tebing breksi yang sedang tenar dengan sunset-nya itu juga lho.

Tertarik ke sini, aksesnya mudah. Baiknya memakai kendaraan pribadi. Bawa bekal asyik juga karena terdapat beberapa pendopo untuk kita beristirahat.

Kalau dari arah Solo belok kiri di gapura perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tinggal ikuti saja jalan tersebut sampai menanjak bukit. Setelah sampai di Abhyagiri kurang lebih satu kilometer di sebelah kanan jalan merupakan lokasi Candi Barong. Tepatnya di Dukuh Candisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman Yogyakarta.

Abadikan sunset kamu juga ya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED