Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Okt 2017 10:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Baron di Gunungkidul, Cantik!

Deny Oey
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Salah satu spot foto
Salah satu spot foto
detikTravel Community - Banyak sekali memang pilihan destinasi di Gunungkidul. Pantai Baron pun jadi salah satu yang sayang dilewatkan.

Pantainya berpasir hitam. Selain itu ada juga sungai yang bermuara ke pantai ini. Itulah kalimat yang diucapkan oleh Ibu Tyas, tour guide lokal sekaligus pemilik mobil elf yang kami sewa dalam memandu perjalanan kami ke Gunungkidul. Karena sering membawa rombongan tur ke Jogja, beliau merekomendasikan Pantai Baron sebagai destinasi wajib dikunjungi.

"Di sini juga ada banyak kapal nelayan. Kalau mau ke mercusuar bisa trekking naik ke atas bukit," sambungnya.

Kami pun memulai perjalanan ke Pantai Baron. Di jalan menuju pantai terlihat banyak sekali pedagang mulai dari makanan, buah-buahan dan sayur-mayur. Hal ini cukup wajar karena baron adalah salah satu pantai yang populer, selain Indrayanti, di Kabupaten Gunungkidul.

Dari kejauhan terlihat perahu-perahu yang biasa digunakan oleh nelayan untuk melaut. Aktivitas para nelayan juga terlihat ketika mereka memanggul ikan-ikan yang baru saja ditangkap. Aroma amis dan asin menyeruak saat kami berjalan menuju pantai.

Pantai Baron memang berpasir hitam. Dan tak jauh dari tempat para nelayan memarkirkan perahu juga terlihat aliran sungai yang bermuara ke laut dan bibir pantai. Di pinggir pantai, para pengunjung sedang asyik berenang atau bermain air dengan jarak yang cukup aman.

Tak puas, kami pun mencoba treking ke atas bukit untuk melihat laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini. Deburan ombak besar khas pantai selatan menerjang tebing, keseluruhan pantai juga terlihat dari atas.

Uniknya, di pinggir tebing dibangun spot-spot untuk swafoto atau berfoto ria. Ada yang berbentuk perahu, ada pula yang seperti semi teras, layaknya spot instagenic yang kekinian. Dan asyiknya lagi, semua spot itu gratis!

Bila berjalan terus ke atas kita akan sampai pada bangunan mercusuar di mana kita bisa melihat pemandangan laut dan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Traveler harap berhati-hati, selain harus menyiapkan tenaga karena naik tangga beberapa lantai, di beranda mercusuar terpaan angin sangat kencang, dan semakin kencang bila naik lebih ke atas.

Puas mengeksplorasi keindahan Pantai Baron kami pun turun dari mercusuar dan bersiap kembali pulang. Di perjalanan kami sempat membeli buah-buahan di pinggir pantai sebagai cemilan.

Sungguh, perjalanan ke Pantai Baron adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi kami. Meski kerap disebut sebagai destinasi mainstream, Baron adalah salah satu pantai yang wajib dikunjungi. Tiga jam perjalanan dari Kota Jogja menuju tempat ini sangatlah terbayarkan. Kini tak perlu ragu lagi, datanglah ke Pantai Baron dan rasakan pengalamannya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Eksotisme Hutan Mati di Garut

Kamis, 14 Des 2017 23:10 WIB

Hutan mati di Gunung Papandayan, Garut sudah terkenal dengan eksotismenya. Meski jalur ke sana terbilang landai, harus tetap butuh stamina.