Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Des 2017 17:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Coba Yuk, Mendaki Gunung Patuha di Bandung

Rina Rahma
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Perjalanan dimulai melalui jalan tepat sebelah kiri dari jalur masuk ke Kawah Putih
Perjalanan dimulai melalui jalan tepat sebelah kiri dari jalur masuk ke Kawah Putih
detikTravel Community - Gunung Patuha menarik dicoba untuk didaki saat liburan tiba. Gunung ini ada di Kabupaten Bandung, dengan danau Kawah Putihnya yang populer.

Gunung Patuha memiliki ketinggian 2.434 mdpl, merupakan hutan hujan tropis dengan suhu berkisar 10-21 derajat Celsius. Nama Patuha berasal dari kata Pak Tua, masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya gunung sepuh (tua).

Statusnya sebagai gunung berapi masih aktif, tercatat pernah dua kali meletus sepanjang sejarah. Pada sejarahnya gunung ini terkenal sangat angker, masyarakat setempat percaya bahwa puncak Gunung Patuha sebagai tempat pertemuan para leluhur.

Mungkin keindahannya tidak bisa dibandingkan dengan gunung-gunung sekelas Rinjani atau Semeru, tapi keaslian dan keliarannya menjadi daya tarik tersendiri. Belum banyak pendaki yang menjelajah gunung ini, medannya masih alami.

Ada beberapa jalur pendakian di antaranya jalur Cipanganten, jalur Panceuling dan melalui Kawah Putih. Saya memulai jalur pendakian dari sisi kiri jalur akses menuju kawah putih. Jalanannya bebatuan namun masih bisa dilewati, pohon besar di kiri kanan jalan, terasa meneduhkan. Sekitar 10 menit berjalan saya menemukan hamparan pohon teh dengan pemandangan yang menakjubkan.

Setelah itu jalur sempit dari sisi perkebunan teh saya lewati, ini adalah akses masuk ke hutan untuk memulai jalur pendakian. Saat akan memasuki hutan berhati-hatilah, jalanan setapak dengan struktur tanah yang landai, menanjak dan menurun akan dilalui, banyak ilalang dan tanaman berduri serta pohon besar yang melintang di sepanjang jalan, saya pun harus merangkak untuk melewatinya. Hutan ini begitu sunyi dan terasa misterius.

Setelah hampir 3 jam saya mendaki akhirnya sampai di puncak pertama di ketinggian sekitar 2.300 mdpl. Ini merupakan sebuah bukit kecil, tidak ada pemandangan jauh yang bisa dinikmati di bukit ini.

Berkisar 10 menit akhirnya saya pun sampai di puncak Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 mdpl. Di sini kamu bisa berkemah, kamu bisa menikmati pemandangan jauh ke bawah.

Diperlukan waktu sekitar satu jam untuk turun dari puncak Gunung Patuha karena jalur pendakian yang di ambil adalah jalur melingkar. Jalur turun lebih mudah dan pemandangan lebih bagus. Banyak pemandangan yang bisa kamu nikmati sepanjang jalur turun, termasuk menyaksikan keindahan Kawah Putih dari atas bukit.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED