Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Nov 2017 11:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Cantiknya Gunung Tertinggi di Sumbar

I Gede Leo Agustina
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
13 telaga/ talago dapat kita lihat dari puncak Talamau.
detikTravel Community - Sumatera Barat punya gunung tertinggi yang bernama Gunung Talamau. Mencoba untuk melihat dari ketinggian, begini eksotisnya Sumbar.

Berawal dari ide gila dari Ode untuk menginjakan kaki di atap Sumatera Barat dan Baim yang sempat ragu juga ikut explore Sumbar. Gara-gara uang terlanjur abis buat beli tiket ke Macau.

Tapi akhirnya kami ber-3 sepakat menuju Pasaman Barat tgl 29 September 2017. Dari Padang jam 16.30 wib kami menuju simpang empat dgn bis (IDR 35K per orang). Sampai di Simpang Empat sekitar jam 21.00 wib.

Sudah malam dan tidak ada lagi angkutan umum menuju desa Pinaga (base camp pendakian). Baim yang berwajah polos akhirnya mendapatkan tumpangan yang kami kira gratis, rupanya harus bayar.

Singkat cerita, kami sampai di base camp. Di base camp kami bertemu bapaknya uda Andri. Tak lama kemudian uda Andri pun datang.

Kami dijelaskan tentang pendakian ini. Karena kami bertiga belum pernah mendaki gunung ini sebelumnya, maka kami wajib didampingi guide (jasa guide IDR 200K/hari).

Setelah briefing, uda Andri kemudian mendata semua barang bawaan kami, selesai mendata kami repacking lalu segera istirahat (simaksi 15K/pendaki).

Kami bangun, bergegas mencari sarapan dan tambahan logistic. Tapi warung-warung belum ada yang buka sayangnya. Hanya ada sebuah warung dan kami pun sarapan mi rebus dan minum sesuatu yang hangat.

Gunung Talamau atau juga disebut Gunung Ophir adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat. Gunung ini terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman. Gunung ini memiliki ketinggian 2,982 meter dan termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif.

Di bawah puncak gunung pada ketinggian sekitar 2.750 m, terdapat 13 telaga. Nama-nama telaga diambil berdasarkan beberapa cerita legenda yang diyakini oleh penduduk disekitar Gunung Talamau.

Talago Biru, Talago Buluah Parindu, Talago Cindua Mato, Talago Imbang Langik, Talago Lumuik, Talago Mandeh Rubiah, Talago Puti Bungsu, Talago Puti Sangka Bulan, Talago Rajo Dewa, Talago Satwa, Talago Siuntuang Sudah, Talago Tapian Puti Mambang Surau, Talago Tapian Sutan Bagindo.

Gunung Talamau juga memiliki air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter, bernama Air Terjun Puti Lenggo Geni. Gunung Talamau terletak di desa Pinagar, Kecamatan Pinali, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Beberapa catatan tentang gunung Talamau:1. Titik poin pendakian dimulai pd ketinggian 320 mdpl.
2. Ketinggian gunung 2982 mdpl.
3. Memiliki tiga puncak.
4. Terdapat 2 jalur pendakian, dari pasaman barat dan timur. (Pendakian kami kemarin dari pasaman barat).
5. Terdapat 4 pos dan tiap pos terdapat sumber air.
6. Jarak dari pos ke pos sangat jauh dengan medan yang curam (kemiringan sampai 70-85 drajat)
7. Hutan masih sangat rapat dan keragaman hayatinya sangat terjaga.
8. View yang dapat kita nikmati di sisi timur ada gunung Singgalang, Marapi, Talang dan bukit barisan.
9. Terdapat 13 telaga yang dapat kita lihat dari puncak, 7 telaga di sisi barat dan 6 telaga di sisi timur.

Dengan penuh kebanggaan kami bisa berdiri di sini. Tentunya dengan perjuangan yang tidak mudah akhirnya kami bisa menapakkan kaki di titik tertinggi provinsi Sumatera Barat. Dalam 4 bulan terakhir ini, baru kami bertiga yang mendaki ke sini.