Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Okt 2017 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Belanja Kado Unik di Pasar Seni Ancol

Renky Liniaryadi
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Priadi dengan karya guntingan siluet yang khas
Priadi dengan karya guntingan siluet yang khas
detikTravel Community - Traveler yang berencana mencari karya seni seperti lukisan buat koleksi atau kado, bisa ke Pasar Seni Ancol. Beragam karya dari seniman lokal ada di sana.

Jika mengeksplor Taman Impian Jaya Ancol tak ada salahnya untuk berkunjung ke Pasar Seni, karena ada karya-karya seni yang menarik dan unik yang bisa kita dapatkan di sini. Meskipun tidak sejaya tahun 1980 sampai 1990-an, Pasar Seni Ancol masih menunjukkan geliatnya untuk tetap bertahan dan terus berkarya.

Hal ini terbukti dengan adanya berbagai inovasi dari pengelola Taman Impian Jaya Ancol dengan mengadakan bermacam aktivitas berkesenian seperti pameran seni rupa, edukasi seni, maupun seni pertunjukan, seperti pertunjukan Silat Betawi yang disaksikan para peserta Piknik detikTravel Minggu (8/10) lalu.

Ada lebih dari 100 kios seni di pasar ini. Kita bisa bebas mengeksplor atau memanjakan mata untuk menikmati berbagai karya seni. Di tiap sudutnya menarik untuk difoto, karena ditunjang dengan instalasi yang menarik nan artistik.

Berbagai macam gaya atau aliran seni pun bisa kita temukan di sini seperti surealis, realis, kubisme, post-modern, pop art, hingga kontemporer alias kekinian. Untuk harga karya yang ditawarkan sangat terjangkau, sketsa wajah mulai dari Rp 100.000 hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan, ukuran, dan material yang digunakan.

Jika ingin dibuatkan karya, cobalah melihat ke berbagai kios terlebih dahulu untuk menentukan tipe karya mana yang cocok, karena tiap seniman memiliki karakteristik yang berbeda dalam membuat karya.

Seperti halnya seniman Priadji Kusnadi, dia memiliki spesialisasi membuat siluet wajah dari guntingan kertas secara langsung tanpa menggambar sketsa terlebih dahulu. Kepiawaiannya dalam berkarya mengantarkannya untuk mengunjungi beberapa negara Eropa dan mendapat kesempatan untuk membuat siluet dari tokoh-tokoh penting Indonesia seperti Soeharto, Jokowi, Fauzi Bowo, Ani Yudhoyono, dan lain-lain.

Selain itu dia juga pernah mengisi acara Pas Mantab di Trans 7, untuk membuat siluet para bintang tamu yang hadir. Tidak hanya lukisan, kita juga bisa dibuatkan karya seni berupa ukiran ataupun patung, jadi sangat beragam sekali macamnya.

Lama pengerjaan bisa bervariasi tergantung tingkat kesulitan. Untuk siluet ataupun sketsa wajah ukuran A4 bisa dikerjakan dalam waktu 10-15 menit, jadi kita tidak perlu menunggu lama dan bisa langsung membawa hasilnya saat itu juga untuk orang tersayang.

Kado ulang tahun atau pernikahan berupa karya seni adalah pilihan yang tepat, karena sebuah karya dapat mewakili perasaan orang tersebut dan dapat dipajang untuk dikenang. Sehingga orang yang melihat dapat turut merasakan 'emosi' dari karya tersebut. Karena pada dasarnya, seni itu adalah emosi yang diekspresikan menjadi sebuah karya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.