Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Nov 2017 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Eksotis tapi Mistis, Inilah Curug Sawer

Rina Rahma
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Keindahan Curug Sawer Sukabumi
Keindahan Curug Sawer Sukabumi
detikTravel Community - Akhir pekan yang segar kali ini bisa traveler rasakan di Curug Sawer, Sukabumi. Air terjun ini memang cantik, tapi berbalut mistis.

Ingin merasakan wisata alam dengan suasana eksotis, cobalah datang ke Curug Sawer di daerah Kadudampit, Sukabumi. Konon tempat tersebut berbalut kisah mistis.

Jika berangkat dari Jakarta menuju Sukabumi, kamu akan menemukan pertigaan jalan dengan papan nama besar bertuliskan Situ Gunung. Dari situ tinggal lurus saja, melewati daerah Kadudampit, tepatnya sebelum memasuki kawasan Situ Gunung, kamu akan menemukan papan nama Kawasan Wisata Cinumpang di sebelah kanan jalan.

Ini adalah jalur pertama yang bisa kamu lalui untuk menuju Curug Sawer. Jalur ini termasuk mudah untuk ditelusuri, hanya memerlukan jalan kaki sekitar satu jam, atau kamu bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai ke lokasi curug.

Jika ingin jalur yang lebih sulit kamu bisa menempuh jalur melingkar dari kawasan hutan Situ Gunung. Curug sawer mempunyai ketinggian sekitar 25 meter, airnya sangat deras dan menawan, menawarkan pemandangan yang eksotis dengan batu-batu besar yang cantik di sepanjang sungai.

Bukan hanya pemandangannya yang eksotis, buat saya suasana disekitar curug ini terasa mistis, beberapa foto yang saya ambil hilang dari kamera, entah ke mana.

Curug ini terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Berdasarkan penuturan beberapa orang yang biasa berada di sekitar curug, konon pada zaman dahulu curug ini memang biasa dijadikan tempat untuk ritual yang berbau mistis, penamaan curug ini sendiri berkaitan dengan salah satu desa di Gunung Gede yang terkenal dengan tradisi saweran pada acara tari jaipong. Sehingga dinamakanlah Curug Sawer.

Dikarenakan aliran airnya yang sangat deras dan diperkirakan kedalamannya mencapai 10 meter, sangat tidak sarankan berenang di sekitar aliran air curug, meskipun saya tidak melihat papan larangan berenang di sini.

Kamu bisa menikmati dingin dan segarnya air curug di aliran sungainya saja. Sensasi air terjunnya tetap terasa karena aliran air sungai cukup deras. Yuk ke Curug Sawer!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED