Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Des 2017 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Makam Karang di Selayar

fxmuchtar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pulau Karang Bahuluan yang eksotik, foto ini milik H Arfan yang saya minta untuk dokumentasi
Pulau Karang Bahuluan yang eksotik, foto ini milik H Arfan yang saya minta untuk dokumentasi
detikTravel Community -

Di Kepulauan Selayar ada pulau yang dijuluki Makam Karang. Di pulau itu banyak karang mati yang bertumpuk.

Keindahan Selayar sepertinya tak ada habisnya. Pesonanya satu demi satu terkuak dan membuat takjub. Salah satu yang eksotis ada di gugusan Kepulauan Bahuluang. Apa yang eksotis? Kalau dilihat dari jauh, pulau ini sepertinya hanya tumpukan dari pasir putih saja. Anggapan itu tak sepenuhnya salah.

Sebab di atas pasir putih itu, ribuan karang-karang mati bertumpuk menjadi satu, kemudian membukit. Penduduk setempat menyebut pulau ini sebagai makam karang, karena banyaknya karang yang tertumpuk di situ. Nama asli pulaunya adalah Pulau Bungin Kecil, namun yang terkenal kemudian adalah Pulau Bahuluan.

Padalah Bahuluang adalah nama pulau besarnya. Kumpulan karang ini memang karang-karang yang sudah mati dan memutih. Saya pernah mencoba menyelaminya. Tinggi dari dasar hingga atas bisa mencapai 15 meteran. Saat saya menyelam arus air sedang tenang. Namun pada sore hari arus air cukup untuk membawa orang dewasa hanyut sampai ratusan meter.

Tumpukan karang ini terbentuk akibat pertemuan dua arus yang menyebabkan perputaran air. Dari perputaran air itu, karang-karang yang mati terkumpul di satu tempat. Oleh karenanya, bentuk pulau ini tidak selalu sama. Tempat ini baru saja viral setahun terakhir ini setelah H Arfan mengajak orang-orang di Dinas Pariwisata berkunjung ke tempat itu.

Pantas saja saat 3 tahun lalu saya ke Pelabuhan Patumbukan, tempat ini tak terdengar. Saya sendiri sengaja diundang oleh H Arfan untuk menyaksikan tempat eksotik tersebut. Setelah meyaksikannya saya harus setuju bahwa ini salah satu tempat unik di selayar yang mungkin juga satu-satunya di dunia.

Untuk sampai ke Tempat itu, para pelancong mesti menyewa mobil ke Pelabuhan Appatana. Perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari Benteng Selayar. Dari Pelabuhan Appatana, menyeberang ke makam karang itu kurang lebih 15 menit, dan sampailah kita di Pulau Bungin Bahuluang.

Pelancong bisa menikmati uniknya pulau karang itu dan bisa juga menikmati alam bawah lautnya yang indah. Masih banyak karang meja yang besar-besar, lengkap dengan ikan warna warni. Yang penting, tetap waspada dengan arusnya dan juga jangan merusak karang-karangnya.

Nah karena belum ada fasilitas apapun, pelancong mesti mempersiapkan segalanya. Mulai dari bawa bekal makan dan minuman. Makan dan minum bisa dilakukan di Pulau Bahuluang. Hal ini dilakukan agar makam karang tidak kotor oleh sampah.

Pelancong bisa menyewa tempat-tempat di Pulau Bahuluang yang sudah menyediakan toilet dan kamar mandi. Kalau ada pelancong yan ingin menginap di Pulau Bahuluang, bisa menyewa tempat seperti yang disediakan H Arfan di Pulau Bahuluang. Harganya sangat kompetitif.

Jadi tak perlu capai-capai balik ke Benteng Selayar. Sebabnya Masih banyak spot yang bisa diexplore di Bahuluang ini. Pelancong bisa menggunakan perahu motor untuk mengelilingi pulau dan menemukan spot-spot berenang yang asyik.

Pantai pasir putih dengan pasir yang sangat lembut. Ditimpahi air laut yang bersih. Atau mau berenang di dekat gua-gua karang yang airnya lebih sejuk? Ada. Airnya juga jernih sekali. Sangat menggoda untuk segera berenang. Tak percaya? Coba aja ke sana.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA