Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Des 2017 10:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masjid Kapal yang Unik di Semarang

Nfadils
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Masjid ini menyerupai sebuah kapal ukuran besar
Masjid ini menyerupai sebuah kapal ukuran besar
detikTravel Community - Masjid Safinatun Najah bentuknya sungguh unik. Dari luar tampak seperti kapal yang besar, bahkan sering disebut mirip kapal Nabi Nuh.

Saat ini, terdapat suatu masjid yang menjadi destinasi para wisatawan, yang menyerupai bahtera atau kapal. Letaknya di tengah area persawahan dan perkampungan warga. Masjid berbentuk kapal itu adalah Masjid Safinatun Najah, yang terletak di Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Masjid ini menyerupai kapal besar, lengkap dengan jendela kapal yang sisi atasnya melingkar, buritan dan haluan. Memang tidak mudah untuk menemukan masjid ini karena letaknya yang cukup jauh dari jalan besar, serta akses jalan menuju lokasi yang kurang baik.

Namun tetap saja tidak menyurutkan minat para wisatawan untuk mengunjungi masjid ini. Masjid kapal memiliki luas 2.500 meter persegi dan terdiri dari tiga lantai yang dipergunakan untuk perpustakaan, ruang pertemuan dan balai pengobatan alternatif untuk masyarakat.

Hanya saja masjid ini masih belum efektif dipergunakan untuk aktivitas peribadatan, karena masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Namun walau demikian, tetap banyak wisatawan yang datang untuk berselfie ria.

Keberadaan masjid ini nampaknya cukup membawa berkah bagi masyarakat sekitar, karena dengan banyaknya wisatawan yang datang, masyarakat sekitar membuka kios dagangan di sekitar masjid yang menjual berbagai macam makanan dan minuman serta buah-buahan hasil perkebunan.

Sayangnya keberadaan kios-kios masyarakat tersebut belum tertata dengan rapi, mungkin seiring dengan berjalannya waktu atau selepas proses finishing pembangunan masjid, pengelola masjid akan berinisiatif untuk menata para pedagang, sehingga lebih rapi dan memperindah lingkungan sekitar masjid.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED