Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Jan 2018 14:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Balabalagan, Kepulauan Cantik di Selat Makassar

Edelweiss Blogger
d'travelers
Foto 1 dari 5
Selamat datang di Pulau Popoongan yang sering menjadi tuan rumah bagi wisatawan.
Selamat datang di Pulau Popoongan yang sering menjadi tuan rumah bagi wisatawan.
detikTravel Community - Selat Makassar punya kepulauan cantik. Balabalagan namanya, rangkaian pulau cantik dengan laut yang eksotis.

Balabalagan, satu kata yang masih jarang terdengar di dunia pariwisata Indonesia. Balabalagan berasal dari kesalahan pengucapan nama Kepulauan Balabalakang. Letaknya di selat makassar, masih lanjutan dasar benua pulau Kalimantan hingga sebelum palung Sulawesi. Terdiri dari 16 pulau dan banyak gusung. Diantaranya Pulau Salissingan, Kamariyang Besar, Kamariyang Kecil, Saboyang, Sabakattang, Samataha, Popoongan, Sumanga Besar, Sumanga Kecil, Lamudaaan, Malember Besar, Malember Kecil, Labia, Seloang, Tapilagaan, dan Ambo.

Kepulauan Balabalakang atau lebih dikenal dengan sebutan Balabalagan adalah rangkaian kepulauan yang terletak di Selat Makassar. Balabalagan dapat didatangi dari pesisir Kalimantan Timur atau dari Pesisir Sulawesi Barat yang tentunya lebih jauh sedikit karena harus menyeberangi palung Sulawesi.

Terdapat beberapa rute untuk menuju Balabangan yang dapat traveler pilih.
1. Melalui Kalimantan Timur.
Utamanya akses kapal dari Kota Balikpapan, Penajam dan Tana Grogot. akses pertama adalah Jalur laut terdekat yaitu Tana Grogot.

2. Dari Kota Grogot
Kita mengendarai mobil menuju Desa Lori atau Desa Tanjung Aru untuk melanjutkan perjalanan naik kapal. Jika naik kapal dari Tanjung Aru, maka perjalanan darat lebih jauh ditempuh yaitu 3-4 jam tetapi perjalanan kapal menjadi lebih singkat daripada naik kapal di Desa Lori.

Biasanya saya berangkat dari Kota Grogot menuju Desa Lori dengan perjalanan darat 1,5-2 jam kemudian dilanjutkan naik kapal 4 jam. Setelah itu saya akan sampai di Gusung Tandu. Jarak 1 jam dari Gusung Tandu sudah ada Pulau Salissingan, Gusung Durian dan pulau lainnya. Akses Kedua adalah Lewat Kota Balikpapan.

Di Balikpapan, biasanya kapal nelayan yang sering bolak balik Balabalagan dapat ditemui di Kampung Baru dan Manggar. Kota Balikpapan mudah diakses wisatawan karena ada bandara tapi juga membuat biaya sewa kapal menuju Balabalagan lebih mahal. tentu saja mahal karena perjalanan yang ditempuh lebih jauh daripada Pesisir Grogot. Lama perjalanan bisa mencapai 7-11 jam tergantung keadaan ombak laut. biasanya diperlukan 5-6 jam berlayar untuk sampai ke Gusung Karang Sauh kemudian 2-3 jam lagi untuk sampai menuju Pulau Sabakattang, Saboyang, Salissingan, Popoongan dan Samataha.

3. Melalui Penajam
Penajam dan Kota Balikpapan hanya dipisahkan Teluk Balikpapan. Kapal Menuju Balabalagan biasanya berada di Muara sungai Penajam seperti di Nenang atau Tanjung Batu. Jarak tempuhnya pun sama seperti perjalanan laut dari akses Kota Balikpapan menuju Balabalagan. Tarif sewa kapal pun sama mahalnya.

Jika ingin memilih akses jalur laut yang lebih singkat serta rarif sewa kapal lebih murah, maka disarankan melewati Tana Grogot. Sedangkan jika ingin akses yang lebih mudah dicapai dari luar Kalimantan dan perjalanan darat ditempuh dengan singkat, maka pilihlah lewat Balikpapan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED