Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jan 2018 10:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengapa Budaya Batak dan Toraja hampir sama?

Ivonesuryani
d'travelers
Foto 1 dari 3
Rumah Bolon (Rumah Adat Batak) di Museum Batak, Balige, Sumatera Utara. Bentuknya mirip dengan Tongkonan, yang membedakan hanya ujung atapnya yang runcing.
Rumah Bolon (Rumah Adat Batak) di Museum Batak, Balige, Sumatera Utara. Bentuknya mirip dengan Tongkonan, yang membedakan hanya ujung atapnya yang runcing.
detikTravel Community - Pernahkah traveler memperhatikan bahwa ada kemiripan budaya antara Suku Toraja dan Suku Batak? Jawabannya bisa ditemui di TB Silalahi Center, Balige.

Khususnya pada bentuk Tongkonan di Toraja dan Rumah Bolon di Batak, Tarian Tor Tor dan Rambu Solo, serta penulisan dan penyebutan marga yang hampir sama. Misalnya ada marga Aritonang, Tobing, Pakpahan dan Pardede pada Suku Batak, maka ada marga Aitonam, Toding, Pahan dan Pirade pada Suku Toraja.

Ketika saya mengunjungi Museum Batak yang berada di dalam Komplek TB Silalahi Center di Balige, Sumatera Utara, saya melihat ada sebuah miniatur Tongkonan (Rumah Adat Toraja), di belakang Gedung TB Silalahi Center.

Rasa penasaran muncul, mengapa ada Tongkonan di Museum Batak? Saya mendekati Tongkonan tersebut dan membaca tulisan yang menjelaskan bahwa budaya Batak dan Toraja mirip dengan kebudayaan Dongson di lembah Vietnam.

Banyak ahli sejarah berpendapat bahwa yang mengembangkan kebudayaan Dongson adalah bangsa Austronesia yang dahulu bermukim di kawasan Vietnam, yang terletak di sepanjang aliran Sungai Merah, berbatasan langsung dengan Yunan, Cina Selatan.

Bangsa Austronesia sebagian menetap di Filipina dan sebagian lagi di Indonesia bagian barat. Mereka yang datang pada gelombang pertama disebut sebagai bangsa Proto Melayu (Melayu Tua), yang sekarang berkembang menjadi suku bangsa Batak, Toraja, Nias, Mentawai dan Dayak.

Dulu saya berpikir kesamaan budaya Suku Toraja di Sulawesi Selatan dan Suku Batak di Sumatera Utara hanya karna sinkronisasi dan akulturasi budaya semata, tapi ternyata kedua suku tersebut memang memiliki garis keturunan yang sama.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA