Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jan 2018 14:26 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ranu Kumbolo ala Jawa Tengah

Nova Aristianto
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Telaga Sidringo
Telaga Sidringo
detikTravel Community - Yang suka mendaki gunung pasti sudah tidak asing dengan nama Ranu Kumbolo. Di Jawa Tengah, ada telaga yang mirip dengan danau itu, namanya Telaga Sidringo.

Ya, Ranu Kumbolo adalah danau yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur tersebut terkenal karena mempunyai pemandangan yang sangat cantik. Ranu Kumbolo biasa dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan tenda oleh para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke Mahameru.

Di Jawa Tengah, tepatnya di perbukitan Dieng perbatasan antara Kabupaten Batang dan Banjarnegara terdapat sebuah telaga yang disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolonya Jawa Tengah. Telaga tersebut dikenal dengan nama Telaga Sidringo.

Letaknya berada pada ketinggian sekitar 2.222 MDPL. Jalan menuju ke Telaga Sidringo memang belum terlalu bagus. Untuk mencapai lokasi kita harus melewati jalanan yang berbatu yang bercampur tanah dengan jurang yang berada sisi kanan-kirinya.

Oleh karena itu, kondisi kendaraan harus benar-benar dipersiapkan jika ingin mengunjungi tempat ini. Namun perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah yang akan kita dapatkan.

Sepanjang mata memandang, kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menyejukan mata. Dari bukit kecil yang berada diatas telaga, kita bisa melihat Telaga Sidringo dengan air yang tenang dikelilingi oleh perbukitan yang menghijau.

Letaknya yang berada di ketinggian membuat udaranya sangat sejuk. Jika suasana sedang cerah, kita bisa melihat langsung beberapa gunung yang tampak menjulang dari kejauhan seperti Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau.

Telaga Sidringo cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkemah karena suasananya yang sangat tenang terutama pada malam dan pagi hari. Pada malam kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu dari desa yang berada dibawah perbukitan.

Sementara pada pagi hari, selain pemandangan yang cantik kita juga akan disuguhi dengan cuitan burung-burung yang semakin menambah syahdu suasana. Jika ingin bermalam di sini, jangan lupa persiapkan jaket, bajuu hangat, dan sarung tangan karena udaranya akan bertambah dingin pada malam hari.

Untuk yang belum berkesempatan mengunjungi Ranu Kumbolo, Telaga Sidringo mungkin bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED