Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jan 2018 18:54 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sensasi Berenang dengan Ikan Dewa

Irwan Reza Pahlevi
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Ikan - ikan Dewa yang berada di dasar kolam pemandian Cibulan
Ikan - ikan Dewa yang berada di dasar kolam pemandian Cibulan
detikTravel Community -

Bukan di kolam renang biasa, tapi di Pemandian Cibulan kamu bisa berenang bersama ikan dewa yang konon di keramatkan. Wah, seperti apa ya?

Bagi yang suka berenang, pasti setuju kan jika berenang itu merupakan aktifitas yang menyenangkan? Namun, bagaimana rasanya jika berenang itu dilakukan bersama dengan ikan-ikan Dewa yang dikeramatkan? tentu akan menjadi sensasi pengalaman berenang yang berkesan.

Nah, di daerah Kuningan-Jawa Barat, tepatnya di Desa Manis Kidul ada tempat pemandian dimana kita bisa berenang dan juga mengenal lebih dekat dengan ikan - ikan Dewa yang dikeramatkan. Namanya adalah Objek Wisata Pemandian Cibulan.

Ikan Dewa ini sebenarnya merupakan ikan dari jenis Kancra Bodas. Walaupun 'bodas' berarti putih dalam bahasa Sunda, namun ikan ini berwarna hitam pekat. Ikan ini dianggap keramat oleh penduduk setempat karena mitos yang melingkupinya.

Menurut cerita yang berkembang di daerah tersebut, ikan - ikan ini merupakan penjelmaan dari prajurit - prajurit Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran yang dikutuk karena tidak mentaati perintahnya. Ikan - ikan ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya selalu tetap, tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, maka ikan - ikan ini akan hilang entah kemana. Namun saat kolam diisi air, ikan - ikan ini akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula.

Ikan - Ikan Dewa ini sangat jinak, sehingga kita tidak usah takut atau khawatir berenang dengannya. Uniknya, berenang dengan ikan - ikan Dewa ini tidak akan menimbulkan bau amis di tubuh kita.

Hal ini disebabkan karena di dasar kolam ini tersebar banyak mata air, sehingga air yang berada di kolam ini pun amat segar, bersih dan dingin. Tentunya hal ini pun disebabkan juga oleh letak Pemandian Cibulan yang berada di kaki Gunung Ciremai.

Di Pemandian Cibulan ini terdapat 3 kolam yang bisa kita gunakan untuk berenang bersama ikan Dewa. Kolam pertama merupakan kolam yang paling besar. Di kolam pertama ini, dinding dan dasar kolam sudah dilapisi oleh semacam keramik, sehingga memang agak licin karena banyaknya lumut yang menempel di atasnya.

Sedangkan, kolam kedua dan ketiga masih alami. Dinding dan dasar kolam masih dilapisi oleh bebatuan. Untuk yang membawa anak kecil, disarankan untuk berada di kolam ketiga, karena kolam ini cukup dangkal dan aman untuk anak kecil.

Jika kita tidak ingin berenang, kita pun bisa menikmati fasilitas lain yang ada di Objek Wisata Pemandian Cibulan ini, antara lain: flying fox, sepeda air, sepeda gantung dan juga terapi ikan.

Jadi, berani kan merasakan sensasi berenang dengan ikan - ikan Dewa di Cibulan?

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Penjara di Bawah Air

Sabtu, 19 Mei 2018 22:05 WIB

Pernah terbayang penjara underwater? Di Estonia ada bekas penjara yang dulunya tambang kapur dan terendam air bersih yang dipompa. Pemandangannya cantik.