Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Nov 2018 13:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kota Tua dan Museum Wayang

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Museum Wayang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta
Museum Wayang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta
detikTravel Community - Wayang tidak hanya terdapat di Jawa Tengah dan sekitarnya. Warisan budaya Indonesia ini juga bisa traveler temukan di kawasan Kota Tua.

Ada di Museum Wayang yang pada zaman dahulu merupakan gereja Nieuw Hollandsche Kerk, namun pada akhirnya hancur akibat gempa bumi di batavia pada masa itu. Di atas bekas reruntuhan gereja ini kemudian dibangun gedung museum wayang yang diresmikan pada tanggal 13 Agustus 1975.

Di lokasi Museum Wayang ini terdapat makam gubernur jenderal Hindia Belanda yang cukup terkenal di era kolonial, Jan Pieterszoon Coen. Sesungguhnya di lokasi ini juga terdapat pemakaman Belanda, namun sudah dipindahkan nisannya ke Museum Taman Prasasti di kawasan Tanah Abang.

Di Museum Wayang ini traveler dapat menjumpai beraneka ragam koleksi wayang dari dalam negeri sampai dengan koleksi wayang dari berbagai negara di dunia, seperti koleksi wayang yang berasal dari China dan Kamboja. Koleksi wayang di museum ini sangat banyak dan diperkirakan lebih dari 4,000 buah wayang terdapat di museum ini dan terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur dan wayang beber.

Tidak hanya wayang, di museum ini juga terdapat berbagai macam topeng dan boneka yang berasal dari berbagai penjuru negara, seperti boneka yang berasal dari negara-negara Eropa, Thailand, China, India dan Kolombia. Selain wayang dan boneka, di museum wayang juga bisa dijumpai aneka koleksi topeng, yang biasa digunakan dalam pertunjukan kesenian dari penjuru Indonesia. Tentu saja dilengkapi dengan sejarah dan deskripsi dari masing-masing koleksi.

Jika traveler berkunjung ke museum ini pada minggu ke dua atau tiga pada setiap bulan, maka traveler akan dapat menyaksikan pagelaran wayang yang diadakan oleh pengelola museum.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED