Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Apr 2018 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Aksi Kepahlawanan Seperti di Surabaya

Edelweiss Blogger
d'travelers
Foto 1 dari 4
Museum Perjuangan Merah Putih Sanga-sanga
Museum Perjuangan Merah Putih Sanga-sanga
detikTravel Community -

Hari Pahlawan memang untuk mengenang kepahlawanan di Surabaya melawan penjajah. Tapi jangan salah, Kota Pejuang tidak hanya Kota Surabaya, di Kalimantan Timur juga ada yaitu di Sanga-sanga, Kutai Kartanegara.

Kalimantan Timur memiliki sejarah dalam penjajahan Belanda dan Jepang. Kalimantan Timur yang kaya akan minyak bumi dan batu bara itu kedudukannya sangat penting untuk menjalankan dan memenangkan perang.

Di Kota Tarakan ada kilang minyak yang penyok karena kekuatan bom rudal yang dijatuhkan ketika perang antara Jepang dan sekutu. di Balikpapan terdapat monumen perjuangan serta makam tentara Jepang. Nah di Sanga-sanga lebih banyak situs-situs bersejarah dalam peperangan antara penjajah Belanda, Jepang, sekutu dan para pejuang Indonesia.

Di sana ada mesin pengebor minyak tua yang digunakan saat perusahaan Belanda datang untuk membuat sumur minyak di Sanga-sanga kisaran tahun 1800-an. Kalau di Surabaya ada peristiwa bersejarah yaitu perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato dijadikan bendera merah putih, maka di Sanga-sanga juga ada insiden serupa.

Saat para pejuang Indonesia berhasil merebut fasilitas penjajah Belanda, salah seorang pejuang yang bernama La Hasan merobek bagian bendera Belanda yang berwarna biru dan menjadikannya bendera merah putih. Bendera tersebut ada tersimpan di Museum Perjuangan merah putih.

Ada juga rumah yang dijadikan tempat untuk menahan dan mengeksekusi para pejuang Indonesia. Ada Museum Perjuangan Merah putih yang memiliki koleksi foto, cerita, dan peninggalan senjata serta alat transportasi yang digunakan dalam perang kemerdekaan.

Ada juga taman makam pahlawan dan gua peninggalan para pejuang untuk bergerilya dan menyusun strategi perang. Jadi, jika kalian pecinta destinasi sejarah, datanglah ke Kota Sanga-sanga setiap tanggal 27 Januari. Itu adalah hari istimewa dimana semua rakyat Sanga-sanga merayakan Hari Pahlawan dengan kegiatan meriah.

Dimulai sejak pagi ada upacara peringatan, kegiatan tabur bunga di taman makam pahlawan, berkunjung ke Museum Perjuangan Merah Putih dan situs-situs bersejarah, bersilaturahmi dengan para veteran pejuang, dan tidak ketinggalan ada festival musik dan pameran.

Sanga-sanga adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara. Lokasinya 1 jam perjalanan dari Kota Samarinda yaitu ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan dari Kota Balikpapan sekitar 2,5 jam jalur darat dari bandara terdekat.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED