Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Apr 2018 15:47 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Museum Wayang dan Kuburan Belanda

Nfadils
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Bangunan Museum Wayang ternyata memiliki sejarah panjang pada jaman pemerintahan kolonial Belanda
Bangunan Museum Wayang ternyata memiliki sejarah panjang pada jaman pemerintahan kolonial Belanda
detikTravel Community - Pasti kamu tahu Museum Wayang di kawasan Kota Tua Jakarta. Tapi tahu nggak, ada pemakaman para pejabat era kolonial Belanda di sana?

Museum Wayang yang ada di kawasan Kota Tua, pada era kolonial Belanda merupakan bangunan gereja dan terdapat area pemakaman di dalamnya. Salah satu tokoh Belanda yang dimakamkan di sini adalah gubernur jenderal Hindia Belanda Jan Pieterszoon Coen.

Bagi sebagian besar wisatawan, Museum Wayang yang terletak di kawasan Kota Tua merupakan museum yang sangat menarik dengan beraneka macam wayang dan boneka yang berasal dari berbagai negara.

Namun tahukah traveler, bahwa Museum Wayang tidak sekedar museum biasa, namun museum ini menimpan jejak sejarah yang sangat mendalam sejak masa kolonialisma Belanda.

Museum Wayang pada zaman dahulu merupakan Gereja de oude Hollandsche Kerk yang didirikan VOC pada tahun 1640. Pada tahun 1733, diadakan perbaikan pada gereja ini dan kemudian nama gereja ini berganti menjadi de nieuwe Hollandsche Kerk dan pada tahun 1808 bangunan gereja ini hancur akibat gempa yang terjadi di Batavia.

Pada tanggal 14 Agustus 1936 lokasi ini ditetapkan menjadi monumen, selanjutnya dibeli oleh Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yaitu lembaga yang didirikan untuk memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi dan sejarah, serta menerbitkan hasil penelitian.

Pada tanggal 22 Desember 1939 dibuka oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda terakhir, Jonkheer Meester Aldius Warmoldu Lambertus Tjarda van Starkenborg Stachouwer sebagai museum dengan nama De Oude Bataviasche Museum atau Museum Batavia Lama.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED