Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Mei 2018 12:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Benteng dari Campuran Putih Telur di Gorontalo

titry frilyani
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Benteng Otahiya, dibangun sebagai perlindungan dan pertahanan melawan penjajah Portugis
Benteng Otahiya, dibangun sebagai perlindungan dan pertahanan melawan penjajah Portugis
detikTravel Community - Gorontalo memiliki banyak benteng bersejarah, salah satunya Benteng Otanaha. Benteng ini dibangun dari campuran batu kapur dan putih telur Burung Maleo.

Benteng Otanaha terletak di kecamatan Kota Barat, Gorontalo. Benteng ini didirikan pada tahun 1522, namun baru ditemukan pada tahun 1585. Otanaha berasal dari kata Ota yang artinya benteng dan Naha yaitu orang yang menemukan benteng ini. Jadi Otanaha artinya benteng yang ditemukan oleh Naha.

Benteng ini dahulunya dibangun sebagai perlindungan dan pertahanan untuk melawan penjajah (Portugis). Hal unik dari Otanaha, benteng ini merupakan benteng tertua yang dibuat dari campuran kapur dan putih telur Burung Maleo.

Tidak jauh dari Benteng Otanaha terdapat benteng bernama Otahiya, yaitu benteng yang ditemukan oleh Ohihiya, istri dari Naha. Dari atas Benteng Otanaha kita akan mendapatkan pemandangan bak permadani hijau di sekelilingnya. Dari atas juga terlihat Benteng Ulupahu dan Danau Limboto.

Benteng Ulupahu merupakan benteng yang ditemukan oleh anak dari Naha dan Ohihiya. Sama dengan Otanaha, kedua benteng ini didirikan pada tahun 1525 dan ditemukan kembali pada tahun 1585.
Benteng ini dibuka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Dengan jarak hanya sekitar 8 km dari pusat kota Gorontalo, benteng ini bisa dicapai hanya dengan waktu 15-20 menit dengan kendaraan bermotor.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED