Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Apr 2018 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata ke Saung Angklung Udjo yang Mendunia

Oktavia Sari Wijayanti
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pertunjukan Wayang
Pertunjukan Wayang
detikTravel Community - Saung Angklung Udjo di Bandung, sudah terkenal hingga mancanegara. Traveler yang lagi di Bandung, bisa mampir melihat langsung pertunjukan angklung yang keren.

Liburan bukan hanya untuk menikmati keindahan alam saja. Belajar mengenal budaya negeri ini juga bisa membuat liburan menjadi menyenangkan. Banyak orang luar negeri pun tertarik, mengapa kita tidak?

Kota Bandung menyuguhkan destinasi wisata yang menarik yang berhubungan dengan seni dan budaya Indonesia. Terletak di Padasuka, Kota Bandung, Saung Angklung Udjo menyuguhkan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshop instrument dari bambu.

Didirikan pada tahun 1966, Udjo Ngalagena sebagai pemilik dari Saung Angklung Udjo bermaksud melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda khususnya angklung. Sekarang, sudah lebih dari 50 tahun Saung Angklung Udjo berdiri dan mensejahterakan masyarakat sekitarnya sebagai pengrajin maupun performer di sana.

Setiap hari, Saung Angklung Udjo melaksanakan sebuah pertunjukan. Pertunjukan dimulai dengan opening oleh MC dan pengenalan mengenai Saung Angklung Udjo. Kemudian, pertunjukan wayang golek menjadi pembuka dari pentas seni ini, dilanjutkan dengan permainan angklung dan alat musik dari bambu yang menyenandungkan lagu-lagu Nusantara bahkan mancanegara.

Alat musik yang digunakan sangat beragam mulai dari arumba sampai gamelan. Dan pertunjukan pun dimeriahkan dengan tarian topeng dan pagelaran budaya Jawa Barat lainnya.

Udjo juga melakukan sebuah inovasi dengan memodifikasi angklung orchestra yang memainkan berbagai jenis lagu mulai dari Twinkle Twinkle Little Star sampai dengan lagu-lagu mancanegara.

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo diakhiri dengan belajar dan memainkan angklung bersama. Angklung dibagikan kepada pengunjung oleh anak-anak kecil di sana, dan pengunjung harus mengikuti instruksi untuk menggoyangkan angklung sehingga menjadi sebuah lagu.

Selesai pertunjukan, pengunjung bisa membeli berbagai macam suvenir dari bambu dengan harga yang bervariasi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.