Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Apr 2018 22:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wanita-Wanita Baduy yang Kuat

Foto 1 dari 5
Jembatan Akar yang kami tuju. Saat itu, ada shooting film di area ini.
Jembatan Akar yang kami tuju. Saat itu, ada shooting film di area ini.
detikTravel Community - Selalu menarik membahas tentang Suku Baduy. Mari mengenali para wanitanya yang mempunyai karekter tangguh!

Bulan April, membawa saya terhanyut kepada kenangan perjalanan Baduy pada akhir tahun 2012 silam. Bulan April, yang identik dengan wanita, mengingatkan saya pada sosok wanita-wanita Baduy Dalam. Tujuan utama perjalanan Baduy ini sebenarnya adalah menuju ke jembatan akar yang ada di sana.

Ternyata saya tidak hanya menikmati keindahan alamnya, tetapi juga berkesempatan mengamati kehidupan wanita Baduy. Sejujurnya fisik begitu lelah dan capek untuk sampai ke jembatan akar, tapi perjalanan jadi begitu menarik karena bisa merasakan sesaat kehidupan orang Baduy, khususnya wanita.

Wanita Baduy ternyata memang cantik-cantik. Saat bertemu disana, mimik wajah mereka cenderung datar, tidak ada senyum. Mungkin karena asing dengan saya dan teman-teman yang berkunjung kesana. Berbicarapun ketika ditanya saja. Mungkin lebih cocok dibilang malu-malu dan merasa tidak biasa diperhatikan oleh orang asing yang datang. Namun begitu, mereka sebenarnya baik.

Dibalik kecantikannya, saya melihat karakter kuat yang ada dalam diri wanita Baduy ini. Mereka pintar memasak, pandai menenun (baju sehari-hari yang dipakai, mereka jahit sendiri dan sebagian untuk dijual), kerja keras ke ladang dan cekatan menjaga anak. Mereka bisa memainkan peran apa saja. So strong!

Melihat mereka, saya makin menyadari bahwa wanita dilahirkan ke dunia untuk menjadi kuat. Peranannya begitu penting, apalagi dalam ruang lingkup kecil bernama keluarga. Saya menjadikan pengalaman ini refleksi dalam menjalani hidup saya, dalam menjalani segala peran-peran saya, baik di keluarga, di tempat kerja maupun di lingkungan sosial.

Terima kasih Baduy di Banten, atas perjalanan nan manis dan penuh manfaat ini. Untuk wanita-wanita Indonesia, selamat menjadi kuat apapun peranmu!

Ps. Tidak bisa foto-foto wanita Baduy Dalam, karena di area Baduy Dalam, tidak boleh foto-foto.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA