Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Mei 2018 10:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cantiknya Istana Disneyland di Jerman!

Indra S
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Kastil negeri dongeng, kastil Neuschwanstein
Kastil negeri dongeng, kastil Neuschwanstein
detikTravel Community - Sebuah kastil di Jerman terkenal dengan keindahan bangunan klasiknya. Menjadi inspirasi dari banyak film dongen, inilah Neuschwanstein yang super cantik!

Neuschwanstein atau Schloss Neuschwanstein adalah sebuah kastil yang berdiri megah di puncak sebuah bukit yang terletak di desa Hohenschwangau dekat kota Fussen di provinsi Bavaria, Jerman. Kastil ini memiliki arsitektur yang indah dan memiliki menara-menara tinggi dengan topi runcing seperti kastil-kastil di negeri dongeng. Kabarnya kastil ini yang menginspirasi bentuk kastil-kastil di cerita komik atau film Walt Disney.

Kastil ini dibangun pada tahun 1869 sampai 1892 oleh raja Ludwig II dengan tujuan untuk menyepi, namun keinginannya ternyata bertolak belakang dengan keadaan sekarang , dimana kastilnya dikunjungi oleh ribuan turis setiap harinya yang ingin melihat kastil seperti di negeri dongeng itu.

Saya mengunjung kastil tersebut pada saat musim semi baru saja mulai, suhu sekitar 4-5 derjat celcius, bagi penduduk Jerman suhu tersebut tentu saja sudah lebih hangat dibandingkan suhu pada musim dingin yang sampai minus, tapi bagi kami makhluk tropis ini tentu saja suhu tersebut masih dalam kategori dingin sehingga badan kami perlu di bungkus jaket berlapis-lapis.

Untuk menuju kastil tersebut kami memulai perjalanan dari kota Munich di Jerman. Dari Munich kami mengambil kereta jurusan kota Fussen di stasiun kereta Munich Hauptbahnhof bermodalkan tiket Bayern yang berlaku untuk kereta menuju Fussen pulang pergi termasuk naik bus di kota tersebut seharian. Tiket ini juga berlaku untuk bepergian ke daerah lain selama tetap di kawasan Bayern. Jatuhnya lebih irit dibandingkan beli tiket ketengan.

Jarak kota Munich ke kota Fussen sekitar 124 km dan ditempuh dengan kereta api kurang lebih 2 jam. Dari stasiun Fussen kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus nomor 78 atau 73 yang ngetem di depan stasiun. Dari sana bus hanya akan mengantar sampai lokasi loket pembelian tiket masuk kastil.

Dari sana kita punya dua pilihan kendaraan untuk melanjutkan perjalanan menuju kastil, pertama bisa naik dokar atau kereta kuda dengan biaya 6 euro per orang kalau naik dan 3 euro bila turun atau bisa naik bus dengan biaya 2 atau 1 euro dengan rute berbeda.

Kami memilih naik kereta kuda dengan membayar biayanya langsung ke bapak yang mengemudikan kereta. Pemandangan sepanjang perjalanan tentu dapat dinikmati lebih lama dan lebih meresap dibandingkan naik bus yang berjalan kencang yang kadang sambil berdiri bila tidak mendapat kursi untuk duduk.

Sepintas dengan melihat pohon-pohon yang tanpa daun menjulang sampai hampir menutupi jalan dengan background putihnya sisa salju serta kabut dan hitamnya warna pohon diiringi bunyi tapak kuda yang berderap seirama serasa saya lagi dalam film dimana tokoh utamanya sedang di bawa kereta kuda menuju kastil Drakula.

Dari perhentian kereta kuda semua pengunjung harus jalan kaki lagi sedikit keatas menuju gerbang kastil dengan pemandangan indah di sekelilingnya. Dari sana kita sudah bisa melihat pemandangan wilayah Fussen dan sekitarnya yang menakjubkan termasuk danau yang indah. Ditambah dengan puncak-puncak pegunungan Alpen yang memutih diliputi salju membuat pemandangan semakin wow.

Tour di kastil tidak sampai setengah jam, keluar dari kastil bisa ke jembatan Marry, dimana kita akan mendapatkan foto dengan background kastil Neuschwanstein yang bagus sekali, seperti di cerita-cerita dongeng itu.

Puas keliling kastil dan mengambil foto sore harinya kami kembali ke kota Munchen dengan rute yang sama, kali ini untuk kembali ke loket pembelian tiket dari atas kami menggunakan bus dengan membayar 1 euro.

Sampai di bawah menunggu lagi bus nomor 78 yang membawa kami ke stasiun Fussen. Disana sambil menunggu kereta yang akan menuju Munich sempatkanlah memasuki sebuah toko souvenir yang menjual pernak pernik kastil dari gantungan kunci ,pajangan meja, replika kastil, baju, snowball sampai replika rumah-rumah Jerman. Harganya mulai dari 2 euro sampai dengan 100 euro.

Di stasiun Fussen walau cuman punya 2 jalur, tapi akan bergantian masuk kereta berbagai jurusan ke kota-kota lain di kawasan Bayern, jadi jangan sampai salah naik kereta dan teliti jam-jam keberangkatannya jangan sampai kemalaman dan tidak kebagian kereta. Jam 16.55 kereta kami menuju Munchen berangkat dari Fussen dan 2 jam kemudian kami sudah sampai kembali di stasiun Munchen Haupbanhhof.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED