Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 05 Mei 2018 09:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Murah Meriah di Bogor, Ini Caranya

Maya Bella
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kijang-kijang di dalam Istana Bogor
Kijang-kijang di dalam Istana Bogor
detikTravel Community -

Pada umumnya seseorang yang ingin jalan-jalan membutuhkan biaya tambahan untuk membeli tiket untuk masuk ke wahana wisata. Tapi, tidak demikian dengan di Bogor.

Kota Bogor yang sudah dikenal sebagai Kota Wisata ini bisa menyajikan acara wisata murah meriah, bahkan tanpa tiket masuk. Nah, tips wisata murah meriah ini bisa memudahkan wisatawan sekitar kota Bogor yang terbiasa berjalan-jalan dengan menggunakan angkutan umum seperti bis umum atau kereta api (KRL).

Nah, bagi wisatawan yang tiba di Kota Bogor menggunakan KRL, bisa meneruskan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum berwarna hijau no 02 atau 03. Angkutan umum yang dikenal telah lama merajai jalan-jalan di kota Bogor ini memang selalu melewati Istana Bogor.

Nah, untuk mengunjungi tempat wisata pertama, berhentilah tepat di depan kantor walikota. Ciri-cirinya adalah barisan delman cantik yang menanti penumpang.

Wisatawan bisa menyeberangi zebra cross dengan memencet tombol lampu lalu lintas terlebih dahulu. Maka lampu lalu lintas untuk pejalan kaki pun akan berubah menjadi hijau, diiringi suara keras lampu agar setiap kendaraan yang melintas berhenti guna memberi kesempatan penyeberang jalan untuk menyeberang.

Setiba di seberang, wisatwan akan disambut oleh para penjaja wortel dan kangkung. Itu adalah makanan untuk diberikan kepada kijang-kijang di dalam Istana Bogor. Seikat kangkung atau wortel harganya sekitar Rp 10.000 saja.

Dari kejauhan, wisatawan bisa melihat Istana Bogor dengan hamparan rumput luas yang dihuni oleh ratusan ekor kijang. Di sekeliling istana terdapat trotoar untuk penduduk Bogor atau wisatawan yang ingin melihat dan memberi makan kijang.

Bila beruntung, traveler juga bisa menemukan pedagang souvenir kayu berbentuk kijang di sekitar Istana Bogor. Usai memberi makan kijang Bogor, wisatawan juga bisa berkeliling Bogor naik delman.

Delman di Bogor telah diberi hiasan unik layaknya tempat wisata, sehingga siapa saja yang naik akan merasa nyaman. Selanjutnya, wisatawan bisa meneruskan perjalanan ke Kebun Raya Bogor. Tak harus masuk ke dalamnya, di sekitar Kebun Raya Bogor tepatnya pintu masuk Jalan Raya Pajajaran, terdapat bangunan-bangunan antik bagaikan pilar-pilar tempo dulu.

Bahkan ada pula bangunan yang menyerupai makam istri Raffless, seperti yang ada di dalam Kebun Raya Bogor. Tak sedikit dari warga Bogor yang memanfaatkannya untuk berfoto.

Sebelum pulang, wisatawan juga bisa mencari souvenir khas kota Bogor di seberang pintu masuk Kebun Raya Rogor arah Jalan Surya Kencana, tak jauh dari Tugu Kujang. Beraneka jenis souvenir dijual di sana, ada topi, tas, dompet, kerajinan dari kayu dan masih banyak lagi.

Masih belum puas? traveler bisa menikmati kuliner soto mie bogor, toge goreng, doclang, serta asinan khas bogor, yang dijual di sekitar Stasiun Bogor. Bagimana? boleh dicoba nih, wisata murah meriah nan kenyang di kota Bogor.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA