Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Mei 2018 08:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Main ke Geopark Ciletuh, Wajib Foto di Sini

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Spot berfoto yang ada di Puncak Darma
Spot berfoto yang ada di Puncak Darma
detikTravel Community - Puncak Darma menawarkan pemandangan Geopark Ciletuh yang memesona. Spot ini pun menjadi favorit traveler buat foto-foto.

Puncak Darma adalah sebuah dataran tinggi di ujung barat mega amfiteater Ciletuh di tepian Samudra Hindia. Dataran ini memiliki ketinggian sekitar 340 m di atas permukaan laut, secara geologi merupakan bagian dari dataran tinggi Jampang dan batuannya berupa batu pasir tufan, breksi dan lava yang berumur jutaan tahun.

Dari Puncak Darma kita dapat mengamati Teluk Ciletuh, lembah dan dinding amfiteater Ciletuh, Pulau Mandra, Pulau Kunti, Pantai Cikadal, muara Sungai Ciletuh, Pantai Palangpang serta muara sungai Cimarinjung. Keindahan saat matahari terbit dan terbenam juga dapat kita lihat dari tempat ini.

Di sebelah utara dari Puncak Darma tepatnya di kampung Oclang terdapat bebatuan yang menyerupai bidak catur. Batu-batu ini berasal dari bebatuan beku yang karena proses pelapukan dan erosi menghasilkan bentuk seperti bidak catur.

Di bagian barat dari puncak Darma terdapat suatu tinggian bukit yang disebut daerah Cikalapa dengan hamparan padang savana dan padi huma.

Untuk menikmati kawasan Puncak Darma, pengunjung dikenakan tarif Rp 3.000 per orang. Di sepanjang jalan terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung yang mungkin lapar atau haus.

Kawasan Puncak Darma selalu ramai, nampak dari banyaknya motor maupun mobil yang parkir di sepanjang jalan. Nampaknya tempat ini menjadi tujuan utama saat berkunjung ke Ciletuh.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED