Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Mei 2018 09:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Spot Ngabuburit Hits di Depok: Masjid Kubah Mas

Hamdatun Nupus
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Masjid Kubah Mas Depok Tampak Depan
Masjid Kubah Mas Depok Tampak Depan
detikTravel Community - Kamu yang sore ini belum tahu mau ngabuburit ke mana, meluncur saja ke Depok. Di sana ada Masjid Kubah Mas yang begitu megah dan menawan.

Dibangun sejak tahun 2001, Masjid Dian Al-Mahri atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Mas Depok ini mulai beroperasi dan dibuka untuk umum pada tahun 2006. Pemiliknya adalah Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid yang merupakan pengusaha asal Banten.

Keunikan Masjid megah yang dibangun di atas lahan seluas 8 HA dengan luas kawasan seluas lebih dari 50 HA ini tentu dari kubah-kubahnya yang memang dilapisi oleh emas 24 Karat setebal 2-3 milimeter yang didatangkan langsung dari Italia.

Hal itu juga yang membuat Masjid Dian Al-Mahri ini lebih dikenal atau dijuluki sebagai Masjid Kubah Mas Depok dan menjadi destinasi wisata religi utama oleh seluruh warga kota Depok dan sekitarnya.

Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Mas Depok memang berkiblat pada Masjid-masjid di Timur Tengah dengan mengikuti tipologi dengan ciri-ciri terdapat menara, kubah, halaman dalam, serta penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, juga gerbang masuk yang berbentuk portal.

Merunut info yang diperoleh terdapat makna yang cukup mendalam dari tiap bangunan yang terdapat di dalamnya, seperti menara yang berbentuk heksagonal yang melambangkan rukun iman, sementara kubah-kubahnya yang berjumlah lima buah melambangkan rukun islam.

Ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka di Masjid Kubah Mas Depok adalah pilihan yang tepat. Selain karena lokasi masjidnya yang strategis dan bisa ditempuh dengan jalur angkutan umum yang cukup variatif menjadikan Masjid Kubah Mas Depok sangat mudah sekali diakses.

Dari arah Depok atau Parung Bogor kita bisa menggunakan angkutan umum nomor 03 yang kemudian disambung dengan angkutan umum nomor 102. Sementara dari arah Pondok Labu dan Cinere bisa langsung menggunakan angkutan umum nomor 102 dan nantinya angkutan umum tersebut akan berhenti tepat di depan pintu gerbang Masjid Kubah Mas Depok.

Ornamen-ornamen yang menghiasi bangunan Masjid yang artistik juga sungguh memanjakan mata. Pemandangan senja dari area Masjid Kubah Mas Depok juga mampu menghipnotis siapapun yang berada disana.

Suasana teduh yang melingkupi kawasan Masjid Kubah Mas Depok tentu menambah kekhusyukan kita dalam berdzikir, bertadarus juga bersholawat di dalam area Masjid. Hingga waktu berbuka menjelang, biasanya sudah ada takjil-takjil yang disediakan untuk para jamaah Masjid.

Dilanjutkan dengan Sholat Magrib dan Isya berjamaah, kita bisa memilih untuk kembali melanjutkan sholat Tarawih. Percayalah suasana Masjid Kubah Mas Depok ini pada saat sholat berjamaah 'katanya' sama dengan suasana Masjid Nabawi di Madinah Saudi Arabia sana.

Tapi perlu diingat untuk selalu menjaga kesucian masjid. Tentunya dengan selalu mensucikan diri dan tidak meninggalkan sampah sekecil apapun di area Masjid demi kenyamanan beribadah bersama.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED