Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Jun 2018 10:38 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mudik ke Palembang, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ini

Ivonesuryani
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Ragam kain tradisional Palembang yang dapat menjadi pilihan untuk buah tangan.
Ragam kain tradisional Palembang yang dapat menjadi pilihan untuk buah tangan.
detikTravel Community - Selain banyaknya destinasi dan atraksi wisata yang bisa dieksplore saat mudik lebaran di Palembang, ada beberapa oleh-oleh khas yang dapat menjadi alternatif untuk dibawa pulang dan dibagikan pada keluarga serta teman-teman dekat sebagai buah tangan. Ada apa saja?

1. Pempek
Pempek pasti berada di urutan pertama daftar oleh-oleh traveler yang berkunjung ke Palembang. Makanan khas ini memang juara banget, menjadi makanan favorit para pencinta kuliner saat traveling ke kota yang akan menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 ini.

Setiap toko pempek menyediakan berbagai pilihan paket dan pengemasan yang rapi sehingga memudahkan traveler membawanya sebagai buah tangan.

2. Kue khas Palembang
Ingin mencari oleh-oleh selain pempek? Kue-kue khas Palembang yang dicetak dalam ukuran kecil bisa menjadi alternatif. Aneka kue khas Palembang yang mulai sulit dijumpai seperti Kojo, Manan Sahmin dan Dadar Jiwo dapat dibeli di Toko Harum, Jalan Merdeka No 811, Palembang.

3. Kain tradisional Palembang
Palembang juga terkenal dengan kain tradisionalnya, yaitu songket, jumputan, blongsong dan jupri. Para pencinta wastra Nusantara seringkali sengaja datang ke Palembang untuk berburu Songket dan kain tradisional Palembang lainnya. Oleh-oleh ini dapat dibeli di pusat pengrajin kain Palembang di Jalan Aiptu A. Wahab, Kelurahan Tuan Kentang, Seberang Ulu I, atau di Pertokoan Komplek Ilir Barat Permai, Jalan Radial, Palembang.

4. Kerupuk
Kerupuk Palembang terkenal dengan rasanya yang gurih dan renyah. Enak dimakan begitu saja atau sebagai teman makan nasi. Beraneka rupa bentuk dan pilihan rasa kerupuk Palembang ini. Ada yang dibuat dari ikan, udang atau cumi-cumi dan ada juga yang digoreng atau dipanggang. Kerupuk tidak hanya dijual dalam keadaan siap santap, tapi ada juga yang masih mentah. Namun dibutuhkan keahlian khusus untuk memasaknya, jadi lebih baik pilih yang telah digoreng atau dibakar saja. Kudapan yang crunchy ini dapat dibeli di toko pempek atau toko-toko yang khusus menjual kerupuk seperti di sepanjang Jalan Letkol Iskandar, Palembang.

5. Lempok
Sumatera Selatan juga dikenal sebagai penghasil durian. Tidak hanya dimakan buahnya, durian juga diolah menjadi dodol durian atau dalam Bahasa Palembang dikenal dengan nama lempok, rasanya legit dan manis. Makanan ini biasanya dijual hampir disetiap toko pempek di Palembang.

6. Sambal lingkung
Sambal lingkung adalah sambal yang dibuat dari daging ikan tenggiri, gabus, belida atau ikan berdaging tebal lainnya. Jangan bayangkan sambal yang rasanya pedas ya, traveler. Sambal ini menyerupai abon daging sapi atau abon udang. Rasanya gurih dengan rasa pedas yang samar. Cocok sekali untuk taburan pada nasi putih hangat, roti atau ketan kukus.

Sambal lingkung biasa dijual di toko oleh-oleh khas Palembang, misalnya di Toko Kerupuk Hasan AS yang berada di Jalan Letkol Iskandar, Palembang.

7. Kaos Nyenyes dan Musi Mania
Selain kain tradisional dan makanan khas, ada pilihan oleh-oleh lain yaitu kaos dengan gambar landmark Kota Palembang atau tulisan kata-kata yang lucu dalam Bahasa Palembang. Toko Kaos Nyenyes dapat kita jumpai di Jalan Demang Lebar Daun, Blok P, No 1 Palembang. Sedangkan Toko Musi Mania berada di Jalan Kironggo Wiro Santiko No 2472, Kambang Iwak Kecik, Palembang.

Tidak hanya menjual kaos, kedua toko tersebut juga menjual souvenir lainnya, misalnya gantungan kunci dan replika landmark Kota Palembang.

Lengkap sudah daftar oleh-oleh khas Palembang yang harus kamu beli untuk dibawa pulang. Sekarang, siapkan tenaga dan waktumu untuk menikmati pesona wisata Palembang. Selamat mudik. Happy holidays, Guys.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED