Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Agu 2018 13:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Pesona Karimunjawa

Bayu Fitri Hutami
d'travelers
Foto 1 dari 5
Senja di pantai Tanjung Gelam Karimun Jawa
detikTravel Community - Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau!

Perjalanan liburan kali ini dimulai sekitar pukul 21.30 WIB dari Jakarta ke Semarang dengan kereta Argo Bromo Anggrek yang saya beli via aplikasi pegipegi.com. Cara pembelian yang mudah dan aman melalui aplikasi Pegipegi membuat saya tidak dilanda rasa khawatir mengenai ketersediaan tiket kereta.

Cukup dengan masuk ke aplikasi pegipegi.com lalu klik tiket tujuan berikut tanggal dan waktu keberangkatan yang kita inginkan maka akan tersedia berbagai macam varian tiket kereta api yang dapat kita pilih sesuai keinginan. Saat itu saya membeli tiket kereta api Argo Bromo Anggrek pulang pergi yang langsung tersedia di aplikasi Pegipegi.

Sesampai di Semarang pukul 03.00 WIB saya melanjutkan perjalanan ke dermaga Kartini Jepara untuk menyeberang menuju Karimunjawa. Banyak wisatawan yang datang adalah kali kedua untuk menikmati keindahaan pulau ini. Saya menyeberang pukul 07.00 WIB dan sampai didaratan Karimun Jawa pukul 11.00 WIB.

Hari pertama di daratan Karimunjawa saya habiskan waktu dengan berkeliling daratan Karimunjawa. Saya menuju puncak dataran tinggi Karimunjawa yang terkenal dengan Bukit Love. Dari sini kita bisa melihat laut Jawa lepas di bawah bukit dengan pemandangan kapal nelayan yang hilir mudik.

Saya pun menunggu senja menyapa di Bukit Love ini. Hari kedua, saya berencana berburu senja di pantai Tanjung Gelam. Pantai ini adalah bagian dari kepualauan kecil Karimunjawa. Berangkat dari dermaga pukul 08.00 WIB pagi, secara perlahan saya menikmati keindahan laut Jawa yang masih asri.

Dari atas kapal nelayan sudah bisa terlihat keindahan surga bawah laut. Kita bisa melihat terumbu karang dengan ikan hias warna-warni yang berenang lincah ke sana kemari. Pemandangan tersebut bisa dilihat dengan jelas dari atas kapal nelayan.

Bagi penggemar diving dan snorkeling tentu pemandangan ini tidak akan dilewatkan. Setelah puas bermain air dan eksplor di tengah laut, saya berkunjung ke penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar. Penangkaran ini berisihiu yang ditangkarkan dan hewan laut lainnya seperti ikan buntal, bulus dan bintang laut.

Ada wahana di mana pengunjung bisa uji nyali untuk berendam di kolam hiu yang berenang mengitari separuh badan pengunjung. Jangan khawatir digigit hiu karena ada pawang yang mendampingi.

Sekitar jam 15.00 WIB dengan kapal nelayan, saya beranjak ke Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini merupakan sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut. Dengan pasir putihnya yang bersih dan asri, kita bisa sekadar duduk di pasir, berenang di tepian pantai atau hanya sekadar berswafoto di bawah rimbunnya pepohonan.

Akhirnya senja yang ditunggu tiba. Senja menyapa di Pantai Tanjung Gelam. Pemandangan senja yang eksotis diiringi angin laut membuat siapapun akan terkesan. Hari ketiga adalah kepulangan ke Jakarta. Setelah menyeberang dengan kapal cepat fery dari Karimunjawa ke dermaga Jepara kemudian lanjut perjalanan darat ke Semarang, saya pun bergegas menuju Stasiun Tawang.

Berbekal tiket pulang kereta api dari pegipegi.com. saya dapat check in tanpa kendala berarti. Terima kasih Pegipegi, impian saya selanjutnya saya dapat berkunjung ke destinasi Indonesia Bagian Timur seperti Wakatobi dan pastinya menggunakan layanan dari pegipegi.com yang cepat, aman dan nyaman. Semoga terwujud ya! #pegipegiyuk #jelajahiindonesiamu