Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Agu 2018 10:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Itinerary Liburan di Sumba, Dijamin Puas!

Agustina Selviana
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kampung Adat Ratenggaro
Kampung Adat Ratenggaro
detikTravel Community - Sumba menjadi destinasi di NTT yang tengah naik daun. Buat kamu yang mau liburan ke sana, ini dia itinerary-nya.

Tahun 2018 Sumba sering menjadi destinasi favorit para traveler untuk berlibur. Tempat wisatanya yang menawan menarik para traveler untuk mau terbang ke Timur Indonesia dan menikmati keindahannya.

Perlu diketahui, Sumba merupakan pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Sumba terdiri dari empat kabupaten yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur.

Bagi kalian yang ingin berlibur ke Sumba, berikut itinerary 5 hari 4 malam yang dapat digunakan untuk menjelajahi keindahan Sumba.

Hari Pertama

Kalian dapat memulai perjalanan di Sumba dengan mendarat di Bandar Udara Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat. Tidak sulit mencari penginapan di sana, kurang lebih 15 menit dari bandara sudah dapat ditemukan berbagai penginapan yang cukup nyaman. Kalian dapat memilih penginapan sesuai kebutuhan. Harganya mulai dari Rp 300.000 untuk 1 standard room.

Selanjutnya, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Kampung Adat Ratenggaro dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit. Di Kampung Adat Ratenggaro, kalian bisa berinteraksi dan bermain dengan warga lokal. Mereka juga menjajalkan kain tenun dan beberapa pajangan dari kayu.

Anak-anak di sana pun akan menawarkan kalung buatan mereka. Jika tidak ingin membeli, bawalah permen atau buku untuk diberikan kepada mereka. Little things does matter!

Setelah berinteraksi dengan warga lokal, perjalanan dapat dilanjutkan ke Pantai Pero. Hanya butuh sekitar 20 menit untuk tiba di sana.

Pantainya yang bersih, batu karang yang besar, dan air lautnya yang biru dapat memanjakan mata. Ditambah dengan sunset yang cantik, seolah menjadi hadiah yang dapat kamu nikmati di hari pertama di Sumba.

Hari Kedua

Perjalanan di hari kedua dapat dimulai dengan mengunjungi Danau Weekuri. Setelah menempuh sekitar 1 jam perjalanan dari penginapan, kalian akan disuguhkan dengan keindahan Danau Weekuri yang dikelilingi batu karang yang cantik. 

Air di Danau Weekuri berasal dari air laut di sekitarnya yang terpisah batu karang. Kalau ke sini, wajib untuk berenang atau meloncat ke danau dari jembatan yang disediakan.

Hanya perlu diingat, hati-hati dan jangan terkena bulu babi ya! Untuk sewa ban cukup murah, yaitu Rp 10.000 per 1 ban.
Selesai menikmati Danau Weekuri, kalian dapat lanjut ke Tanjung Mareha dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Di Tanjung Mareha, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan dari dua pantai yang berbeda.

Di sisi kanan, kalian dapat melihat pemandangan Pantai Bawana. Ciri khas dari pantai tersebut adalah karang bolong yang cantik, seolah menjadi gerbang memasuki keindahan pantai pasir putih di sana.

Di sisi kiri, kalian dapat melihat pemandangan Pantai Watu Maladong berhias batu karang berukuran besar. Jika ingin bermain di pantai, kalian dapat turun melintasi jalur yang ada ke Pantai Bawana. Jika ingin bersantai, dapat menikmati sunset cukup di Tanjung Mareha.

Hari Ketiga

Destinasi hari ketiga dapat dimulai dengan mengunjungi Kampung Adat Praijing. Kalian dapat melihat deretan rumah adat khas Sumba di kampung tersebut secara keseluruhan.

Selain itu, di sana kalian dapat berinteraksi dengan warga lokal yang ramah. Cobalah mengulik cerita-cerita tentang Sumba untuk menambah pengetahuan.

Destinasi selanjutnya adalah Air Terjun Lapopu. Di sana kalian akan menikmati pemandangan air terjun dengan air yang jernih. Cocok untuk bersantai atau mandi air segar.

Selepas dari Air Terjun Lapopu, siapkan diri untuk menempuh perjalanan sekitar 2 jam ke Bukit Wairinding. Perjalanannya memang panjang dan berliku-liku. Namun, jika sudah sampai di Bukit Wairinding kalian pasti akan menganggap semuanya worth it!

Pemandangan lapisan bukit hijau seolah menjadi persembahan surgawi dari Sumba. Apalagi ditambah pemandangan sunset yang menambah kesempurnaan pemandangan di Bukit Wairinding.

Hari Keempat

Destinasi di hari keempat dapat dimulai dengan mengunjungi Padang Savana Puru Kambera. Kalian akan disuguhkan dengan padang savanna yang eksotis. Tidak jarang kalian dapat menemukan kuda-kuda liar di sana. Jangan lupa berfoto di sana, tapi tetap hati-hati, ya!

Selanjutnya, waktunya untuk mencari pemandangan yang segar. Kalian dapat mengunjungi Air Terjun Waimarang. Meski harus melewati jalur yang cukup berbahaya dan berbatuan, kalian akan dipuaskan dengan pemandangannya yang menawan.

Di antara bebatuan besar yang ada, sinar matahari masuk dan menyinari air terjun di sana. Kalian seolah berenang di kolam yang eksklusif. Seru!

Setelah seru-seruan di Air Terjun Waimarang, destinasi terakhir di Sumba adalah Pantai Walakiri. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya tanaman mangrove yang berbentuk seperti menari di pinggir pantai. Ditemani cahaya sunset, semakin menambah kesan akan indahnya Sumba yang tak terlupakan.

Saran, sebaiknya pesan nasi box dari hotel sebelum berpergian agar dapat langsung makan di mana saja tanpa harus mampir ke rumah makan. Menghemat waktu untuk lebih menikmati Sumba.

Jadi, kapan kalian berangkat ke Sumba? Jangan lupa untuk berganti penginapan dari Sumba Barat ke Sumba Timur, ya. Selamat jatuh cinta pada Sumba!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Bertualang Sehari di Bunaken

Rabu, 19 Des 2018 15:10 WIB

Seharian wisata di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara asyik juga lho. Banyak spot yang dapat dikunjungi dalam satu hari saja.