Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Agu 2018 10:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Candi Barong yang Kian Ditinggalkan

Anisyukur Ahmad
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Pernah dengar Candi Barong? Dekat dengan Candi Ratu Boko dan Prambanan tak membuat Candi Barong ramai pengunjung. Kian lama, candi cantik ini mulai dilupakan.

Kota Yogyakarta dikenal akan kota seribu candi. Mulai dari Utara hingga selatan kota ini meyanjikan beragam candi baik candi bercorak hindu maupun candi bercorak Budha. Candi merupakan salah satu daya tarik wisata di kota Yogyakarta.

Pada musim liburan para wisatawan domestik maupun mancanegara akan memadati wisata candi di Yogyakarta. Namun sayanganya, tidak semua candi di Yogyakarta ramai akan para wisatawan.

Salah satunya adalah candi Barong. Candi yang satu ini merupakan candi bercorak Hindu yang terletak di dusun Candisari, Desa sambirejo, Prambanan, Yogyakarta dan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 dan ke-10.

Candi yang satu ini Letaknya berdekatan dengan Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan. Namun, terletak dekat dengan candi Hindu terbesar di Indonesia tidak menjadi jaminan bahwa candi Barong ramai akan para wisatawan.

Akses jalan yang sulit dan fasilitas umum yang kurang memadai seperti lahan parkir dan toilet umum, menjadi salah satu faktor candi yang satu ini kerap dipandang sebelah mata oleh para wisatawan.

Tidak hanya itu, promosi yang kurang oleh pemerintah juga menjadi salah satu faktor mengapa candi yang satu ini sepi pengunjung bahkan saat musim liburan. Seperti saat kami berkunjung ke candi Barong saat moment libur panjang, saat itu tidak ada pengunjung lain di candi itu selain kami.

Namun, ada salah satu keuntungan bagi kalian yang berkunjung ke tempat wisata yang masih sepi pengunjung, yakni kalian dapat mengambil spot foto-foto yang bagus tanpa harus berdesakan atau mengantri dengan penganjung lain.

Dinamakan dengan candi Barong karena candi ini memiliki ukiran wajah menyerupai barong di dinding-dinding candi. Candi barong merupakan candi yang tediri dari tiga bangunan Candi yang berdiri diatas dasar yang berundak tiga.

Para pengunjung akan berjalan memutari area candi ke sebelah barat untuk sampai di pintu masuk. Setelah sampai dipintu masuk, akan terdapat beberapa undakan yang dapat di kelilingi seperti bangunan candi pada umumnya.

Pada undakan terakhir atau undakan ke tiga akan terdapat sebuah bangunan berbentuk gapura dan dua bangunan candi. Jika kalian berkunjung ke tempat ini, nuansa sejuk dan pemandangan pedesaan yang indah akan langsung menyapa para pengunjungnya karena candi yang satu ini didirikan di atas sebuah bukit.

Karena didirikan di atas sebuah bukit, dari candi Barong pemandangan desa di sekelilingnya akan terlihat jelas. Selain itu, saat senja pemandangan sunset berlatar candi menjadi salah satu alasan candi yang satu ini tak boleh dilewatkan.

Menikmati matahari terbenam dengan di kelilingi pemadangan perbukitan dan candi menjadikan salah satu alasan Candi yang satu ini wajib dikunjungi terutama bagi kalian para pecinta sunset. Jadi jangan lupa masukan candi Barong di dafatar kunjungan kalian saat berkunjung ke Yogyakarta.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED