Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Agu 2018 15:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Al Quran yang Tak Rusak Saat Tsunami Aceh

Yetie herawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Foto bersama di depan Bayt Al quran
Foto bersama di depan Bayt Al quran
detikTravel Community - Bayt Alquran dan Museum Istiqlal di Taman Mini Indonesia Indah berisikan banyak hal tentang kebudayaan Islam. Ada juga Al Quran yang tak rusak saat tsunami Aceh.

Tahukah kalian ada sebuah tempat di Taman Mini Indonesia Indah yang mengulas tentang kebudayaan Islam? Ya, tempat itu bernama Bayt Alquran dan Museum Istiqlal. Di sini kita akan mengupas sedikit tentang sejarah islam dan situs budayanya.

Beberapa waktu yang lalu, saya di beri kesempatan untuk mengujungi Taman Mini Indonesia Indah. Kali ini melalui pengajian putri saya, kami pergi ke Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal. Kedua tempat ini merupakan kesatuan dari dua lembaga yang berbeda namun dalam kesatuan konsep.

Bayt Al quran yang berarti rumah Al Quran dengan materi pokok berupa peragaan yang berkaitan dengan Al Quran, sedangkan Museum Istiqlal menampilkan hasil-hasil kebudayaan Islam Indonesia. Tempatnya bersih, rapi, serta adem sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama di dalam museum ini. Pelayanannya juga ramah dan baik, tempatnya luas dan banyak spot yang bisa di jadikan foto yang bagus. Bayt Al quran dan MuseumIstiqlal ini di bangun bertujuan untuk pemersatu bangsa dari berbagai etnik di Indonesia melalui sejarah perkembangan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Ruang pameran Bayt Al Quran menghadirkan beragam seni dan mushaf dari dalam dan luar negeri. Ditampilkan pula Al Quran standat dari Departemen Agama Republik Indonesia, Al Quran biasa dan Al Quran Braille untuk umat Islam tunanetra. Selain itu Al Quran juga di sajikan dalam bentuk software (perangkat lunak) komputer yang dapat dioperasikan secara digital seperti program aplikasi komputer lainnya.

Sedangkan kebudayaan Islam Nusantara bisa di lihat di Museum Istiqlal seperti menu skrip Al Quran, peninggalan, seni arsitek serta karya seni dan budaya islam lainnya. Seperti tentang asal muasal agama Islam masuk ke Indonesia melalui kerajaan-kerajaan, contoh sejarah kerajaan samudra pasai tentang peninggalan-peninggalan dan artefaknya, prasasti-prasasti, serta raja-raja yang berkuasa pada jamannya. Adapula foto-foto replika masjid di Indonesia yang dapat menjadi daya tarik museum ini.

Di Bayt Al quran juga di tampilkan Al Quran dari segala macam ukuran, dari yang paling kecil (harus dengan bantuan kaca pembesar) sampai dengan ukuran yang besar nya kurang lebih 1 meter. Ada juga Al Quran yang di cetak puluhan tahun yang lalu. Di sana juga di tampilkan Al Quran yang telah terpapar air tsunami Aceh pada 26 desember 2004. Al Quran ini sama sekali tidak rusak, hanya lumpur tsunami yang masih melekat. Itu menandakan kedahsyatan kekuatan Al Quran.

Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal yang memiliki 4 lantai ini sangat bagus untuk di kunjungi, apalagi sekarang ada aplikasi yang membuat mudah perjalanan wisata indonesia. Dari pemesanan tiket pesawat, kereta api, akomodasi tempat wisata, sampai dengan penginapan di hotel.

Pastinya dengan harga sesuai yang kita inginkan. Jangan lupa dapatkan juga promo-promo khususnya di aplikasi pegipegi.com. Pemesanan lebih aman dari jauh-jauh hari, apalagi tiket pesawat dan hotel. Biasanya tiket pesawat dan hotel harganya lebih tinggi di hari-hari libur. Tapi tenang saja di Pegipegi kita bisa re-schedule apabila di hari H nya nanti ada pembatalan. Jadi tunggu apalagi? Sekarang waktunya masyarakat Indonesia mengenal dan menghargai kebudayaan bangsa sendiri.

#pegipegiyuk #jelajahindonesiamu
@pegi_pegi
BERITA TERKAIT
BACA JUGA