Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Agu 2018 21:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Kuliner Lezat di Pemalang, Wajib Coba!

Eka Murti
d'travelers
Foto 4 dari 5
Grombyang, makanan khas kota Pemalang yang sulit ditemui di kota lain.
Grombyang, makanan khas kota Pemalang yang sulit ditemui di kota lain.
detikTravel Community - Pemalang bukan cuma sekadar tempat transit saat musim mudik. Kota di Jawa Tengah ini punya banyak kuliner menggoyang lidah.

Wisata kuliner sedang marak belakangan ini, khususnya kuliner tradisional khas daerah. Nah, Anda harus mencicipi kelezatan 5 jenis makanan khas kota Pemalang yang tak kan bisa Anda dapatkan di daerah lain. Keunikan olahan bumbu khas masyarakat Pemalang menciptakan citarasa yang akan membuat Anda selalu merindukannya.

Pemalang adalah sebuah kota yang terletak di wilayah pantai utara Jawa Tengah. Kota pesisir ini memang tak seterkenal dua kota tetangganya Tegal dan Pekalongan. Namun meski demikian bukan berarti tak ada yang istimewa di kota ini. Selain beberapa tempat wisata yang menarik, kota Pemalang memiliki makanan khas yang tak bisa ditemui di tempat lain. Kita tentu sudah mengenal bahwa nanas madu yang mungil manis dan banyak beredar di mana-mana berasal dari sini. Selain itu, Pemalang ternyata memiliki aneka kuliner lezat yang bisa kita coba.

1. Bakso Balungan

Dari namanya pasti sudah dapat ditebak bahwa ini adalah bakso ditambah balungan atau tulang. Memang benar, bakso dengan kuah yang gurih makin asyik dinikmati dengan tambahan tulang sapi yang masih terdapat daging sapi yang menempel. Rasanya seperti sop, dimakan hangat sungguh nikmat. Jika kita beruntung bahkan bisa memesan bakso Sumsum, sumsum yang terdapat dalam tulang kaki sapi, rasanya lembut dan gurih. Dimakan dengan menggunakan sedotan dalam keadaan hangat, jika sudah ingin rasanya akan berbeda. Manikmati bakso balungan bisa dengan mie, nasi atau lontong.

Jika Anda ingin mencicipi menu selain bakso Anda bisa memesan sop iga sapi atau sop buntut sapi yang tak kalah lezatnya. dengan tambahan aneka sayur seperti tomat, kentang dan wortel membuat cita rasa sop semakin lezat dan segar. Yang menarik disana disediakan buah pisang yang digantung setandan bisa dinikmati secara gratis.

Soal harga Anda tak perlu khawatir, karena harga satu porsi bakso balungan hanya Rp 32.000 saja, untuk sop iga seporsi Rp 40.000 saja. Dengan kelezatan seperti itu, tak menguras kocek bukan?

2. Sate Louso

Siapa yang tak tergugah untuk mencicipi kuliner yang satu ini? Sate louso adalah sate sapi, daging sapi dipotong-potong tipis lalu ditusuk dengan lidi dan dibakar, kemudian disiram dengan bumbu kacang. Yang unik tusuk satenya menggunakan lidi yang lebih panjang daripada sate pada umumnya. Sate loso termasuk makanan yang popular dikalangan warga masyarakat. Jika sedang plesiran di Pemalang jangan sampai terlewat untuk mencicipinya ya.

3. Lotek

Lotek adalah makanan khas lain yang sangat mudah ditemui di kota ini. Pedagang lotek tersebar dimana-mana dan rasanya pun tak jauh berbeda. Lotek sudah menjadi makanan masyarakat yang umum ditemui. Aneka sayur-mayur seperti kacang panjang, kangkung, tauge dan kecipir di makan dengan bumbu kacang. Rasa khas asem dan terasi serta bumbu kacang yang menyatu dengan sayuran menjadikan lotek memiliki citarasa yang berbeda dengan pecel atau gado-gado.

Biasanya pedagang lotek juga menjual rujak dan lotis. Nah, ini juga unik, jika kita membeli rujak maka yang akan kita terima adalah buah-buahan yang diserut dan dicampur dengan sambal rujaknya. Sedangkan lotis buahnya dipotong-potong dan sambalnya disajikan terpisah seperti yang biasa kita kenal sebagai rujak.

Jadi jika setelah menikmati lotek kita masih ingin mencicipi kesegaran buah dengan sambalnya, harus dipastikan dulu yang mana yang kita mau, jangan sampai salah paham.

4. Grombyang

Grombyang adalah makanan khas tradisional Pemalang. Kadang orang menyebutnya Soto Grombyang karena memang makanan ini berkuah dan dimakan bersama nasi atau lontong. Kuah grombyang yang kecoklatan sepintas terlihat mirip rawon namun saat dirasakan bumbunya terasa sekali berbeda. Meski sama-sama menggunakan kluwek untuk membuat kuah berwarna coklat ada berbagai bumbu lain yang sangat berbeda dengan rawon.

Berbagai jenis bumbu dan rempah yang terdapat dalam kuah grombyang berpadu dengan potongan daging hingga membuat makanan ini terasa lezat. Yang unik adalah saat kuah disiram ke atas nasi akan terlihat butiran-butiran coklat, itu adalah kepala yang menjadikan grombyang terasa gurih.

Gromyang dapat ditemui nyaris di berbagai wilayah di Pemalang. Namun yang paling terkenal berada di dekat alun-alun di Jalan RE Martadinata. Di sana berderet-deret warung grombyang dapat ditemui, namun yang paling terkenal adalah Gromyang Pak Toli.

5. Kamir

Makanan khas yang satu ini dibuat di daerah kampung Arab di bilangan jalan Semeru dekat dengan Kantor Pos kota Pemalang. Yang terkenal sejak dulu adalah kamir buatan ibu Hamidah. Konon hanya warga keturunan Arab saja yang bisa membuat kue kamir yang lezat. Bentuknya bulat pipih sepintas menyerupai kue apem. Namun rasanya berbeda meski sama-sama berbahan dasar tepung terigu atau tepung beras, yang membedakan adalah adanya campuran tape singkong.

Diproduksi dalam skala home industry, kamir bu Hamidah akan sulit ditemui saat liburan khususnya saat Hari Raya karena banyaknya peminat. Sehingga kita harus memesannya terlebih dahulu. Namun dihari-hari lainnya kita bisa langsung datang dan membeli sekaligus melihat bagaimana proses pembuatan kamir yang masih menggunakan alat-alat tardisional. Selain kamir juga diproduksi apem dalam bentuk mawar yang juga lezat. Kalau sudah berada di dapurnya dan mencium harum kamir yang baru matang, rasanya betah tak ingin pulang.

Berwisata ke kota Pemalang akan lebih nyaman menggunakan kereta api, Jaraknya tak terlalu jauh dari ibu kota Jakarta maupun ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang. Dengan Waktu tempuh yang cepat tanpa kena macet akan lebih banyak waktu yang dapat dipergunakan untuk menikmati kuliner Pemalang yang lezat-lezat.

Jadwal keberangkatan dan harga tiketnya bisa dilihat pada situs pegipegi.com atau dowload saja aplikasi Pegipegi sehingga lebih memudahkan saat ingin melakukan pemesanan tiket kereta api. Aplikasi Pegipegi Hotel Kereta Pesawat juga akan memudahkan Anda dalam membeli tiket maupun memesan hotel dalam satu aplikasi untuk kebutuhan travel Anda.

Caranya sangat mudah, buka situs atau aplikasi Pegipegi kemudian pilih pemesanan tiket kereta api. Tentukan kota tujuan Anda, masukkan tanggal keberangkatan maka Anda akan menemukan berbagai pilihan jenis kereta api, stasiun dan jam keberangkatan/kedatangan serta harga yang harus dibayar.

Anda juga bisa melakukan pemesanan hotel di kota Pemalang melalui Pegipegi booking hotel. Cari kota tujuan dan masukkan tanggal serta berapa lama Anda akan menginap. Akan muncul banyak pilihan yang bisa disesauaikan dengan anggaran Anda. Gambar kamar yang akan Anda pesan pun akan terlihat, serta peta lokasi sehingga Anda dapat menentukan dimana akan menginap apakah di pusat kota, di dekat bandara atau bahkan di lokasi wisata sekalipun. Fitur map view pada aplikasi Pegipegi akan memudahkan Anda membandingkan harga hotel.

Cara pembayaran yang mudah membuat transaksi lebih cepat selesai, Anda bisa membayar dengan kartu debit, kartu kredit, Bank transfer dan ATM, internet banking, maupun pembayaran di swalayan. Bahkan bisa melakukan pembayaran dengan promo. Pilihlah yang paling mudah bagi Anda.

Jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda, buka saja bagian Tips pada website atau aplikasi Pegipegi, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan dan tak ragu lagi untuk segera menentukan tujuan Anda. Jangan sampai ketinggalan aneka promo dan discount dari Pegipegi juga lho!

Jelajah Indonesia jadi semakin murah dan mudah dengan Pegipegi dalam genggaman Anda.

#pegipegiyuk #Jelajahindonesiamu @pegi_pegi
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED