Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Sep 2018 08:14 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kecantikan Tersembunyi di Goa Gong Pacitan

Aranty
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sebelum memasuki Goa Gong, ada spot foto berlatar tulisan Goa Gong berwarna oranye untuk mengabadikan moment liburan kami .Nah ini personil #pacitansquad# : Hadi, Uli, Andri , Ivan
Sebelum memasuki Goa Gong, ada spot foto berlatar tulisan Goa Gong berwarna oranye untuk mengabadikan moment liburan kami .Nah ini personil #pacitansquad# : Hadi, Uli, Andri , Ivan
detikTravel Community - Pacitan punya gua cantik yang memiliki keindahan tersembunyi. Penasaran? Ini dia kecantikan di dalamnya.

Tahukah Anda gua terbesar di Asia Tenggara berada di Indonesia? Sangat membanggakan bukan? Goa Gong namanya. Goa yang berada di Pacitan ini terletak di kawasan Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamtan Punung. Nama Goa Gong berasal dari nama instrument musik tradisiona, yaitu "Gong", karena beberapa batu di dalamnya ketika dipukul akan menimbulkan suara sangat nyaring dan menggema yang mirip dengan suara Gong.  Pintu masuk Goa Gong dapat dengan mudah ditemukan dengan banyaknya petunjuk arah yang ada. Terdapat spot foto bertuliskan Goa Gong berwarna oranye di samping tangga pintu masuk. Untuk tiket masuknya sendiri adalah sebesar 15.000 rupiah saja. Nah sebelum memasuki goa, Kami pun berfoto untuk mengabadikan momen liburan kami.

Tepat didepan mulut goa, telah disediakan tempat penyewaan senter, kipas dan payung. Akan sangat lebih baik apabila menyewa senter sebesar Rp5.000,00 saja. Perjalanan menapaki keindahan Goa terbesar di Asia Tenggara yang mempunyai panjang sekitar 300m ini pun dimulai. Jangan bayangkan Goa Gong ini goa yang gelap, mencekam dan menakutkan. Pengelola telah membuat goa ini senyaman mungkin dengan sentuhan modern didalamnya berupa lampu-lampu yang berwarna warni untuk penerangan, ada juga kipas angin - kipas angin besar didalamnya karena udara didalam goa sangat pengap. Jalan dan anak tangga pun sudah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung menelusuri bagian dalam goa. Batuan Stalagtit dan Stalagmit yang bentuknya sangat unik diberbagai sisi dan dibagian atasnya membentuk pilar-pilar raksasa seolah-olah menyambut kedatangan kami. Batuan - batuan tersebut merupakan ukiran alami goa yang begitu menakjubkan. Mungkin diperlukan waktu puluhan ribuan tahun untuk membentuk ukiran-ukiran tersebut.Tidak ada campur tangan manusia dalam membentuk ukiran-ukiran tersebut, semuanya terbentuk secara alami.

Keindahan bermacam-macam batuan tersebut semakin memukau dengan sentuhan modern berupa penerangan dari lampu yang berwarna warni. Cahaya dari lampu ini direfleksikan oleh dinding dan batuan stalagtit & stalagmit yang basah karena rembesan air dari atas. Berada didalam Goa Gong, traveler mana pun dijamin akan dibuat terpesona. Di tengah gelapnya gua, tampak kerlap kerlip batuan kristal yang bercahaya. Melihat gemerlap batuan kristal ini, bagaikan mendapatkan harta karun tersembuyi didalam goa. Ada juga batuan marmer terbesar seasia tenggara yang menjulang tinggi.

Terdapat pula sebuah sendang/telaga yaitu Sendang Panguripan yang mana airnya dipercaya masyarakat sekitar memiliki manfaat. Ratusan stalaktit dan stalagmit yang terukir dan terpahat dengan menakjubkan ditambah kilauan batu kristal didalam gelapnya Goa yang semuanya murni bentukan alam seakan mengingatkan betapa hebatnya Tuhan menciptakan dan betapa bersyukurnya berada di Indonesia dengan segala limpahan anugrah kekayaaan alam dan wisata yang beragam.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA