Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Sep 2018 13:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mau ke Ranu Kumbolo, Perhatikan Hal-hal Ini

Foto 1 dari 5
Meskipun kemarau, oro-oro ombo tetap instagrammable
Meskipun kemarau, oro-oro ombo tetap instagrammable
detikTravel Community - Ranu Kumbolo termasuk spot favorit pendaki Gunung Semeru. Buat pendaki pemula yang ingin ke sana, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan.

Lokasi pembuatan film emang selalu bikin penasaran buat didatangi. Salah satunya adalah film 5 CM yang mengambil lokasi di Ranu Kumbolo dan puncak Mahameru. Bukan cuma buat pendaki profesional tertarik menjajal tapi juga pendaki pemula yang bahkan belum pernah membayangkan bagaimana rasanya mendaki gunung.

Karena keindahan Semeru, banyak dari pendaki pemula yang memilih bonek alias bondo nekat untuk bisa sampai ke Puncak Mahameru. Padahal kalau kondisi fisik belum terbiasa sama cuaca dan kondisi gunung itu bahaya lho.

Apalagi kalau sudah merasa capek dan butuh asupan. Lebih baik kalau pendaki pemula sampai Ranu Kumbolo dahulu karena pada awal September ini kondisi anginnya cukup kencang dan dingin yang bisa mencapai -15 derajat Celsius.

Nah meskipun cuma sampai Ranu Kumbolo, tapi persiapan juga harus maksimal apalagi buat pendaki pemula.

1. Sepatu

Ini jadi hal yang paling penting buat naik ke Ranu Kumbolo. Jangan pakai sepatu slip on karena mau kelihatan kece. Pakai sepatu yang tak mudah selip di tanah karena kondisi jalanan ke Ranu Kumbolo yang cukup berpasir.

2. Pemanasan

Kalau nggak pernah naik gunung dan olahraga, sudah pasti bakal pingin turun karena napas nggak kuat buat jalan selama kurang lebih 5 jam sampai ke Semeru. Lebih baik melakukan stretching kecil di Ranu Pani.

3. Obat

Obat itu nggak melulu buat yang sakit, tapi bisa berupa vitamin atau bahkan madu. Nah jangan cuma mikir buat diri sendiri, tapi lebih baik bawa lebih untuk diberikan ke teman lain yang butuh. Bakalan susah kalau ada teman dalam satu kelompok yang sakit.

4. Kondisi kesehatan

Salah satu syarat buat naik ke Semeru adalah surat sehat. Jangan sekali-kali kepikiran untuk bikin surat sehat palsu karena yang bakal rugi kita sendiri dan teman lain tentunya. Oiya, harus minimal 1 hari sebelum keberangkatan untuk pembuatannya.

Meskipun jalan menuju Ranu Kumbolo ngeri-ngeri sedap, tapi buat pendaki pemula itu lebih dari cukup buat belajar dan yang jelas bikin ketagihan. Jadi masih ragu buat muncak?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED