Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Sep 2018 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Saat Africa Van Java Sedang Hijau

MSepthiana
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Taman Nasional Baluran, serpihan kecil Africa van Java
Taman Nasional Baluran, serpihan kecil Africa van Java
detikTravel Community - Taman Nasional Baluran terkenal dengan sebutan Africa Van Java. Pemandangannya saat gersang memang indah, pun saat sedang hijau-hijaunya. Begini rupanya!

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di 4 wilayah, yaitu Banyuputih, Situbondo, Wongsorejo, dan Banyuwangi. Nama Baluran diambil dari nama gunung yang ada di daerah ini, Gunung Baluran. Sekitar 40% dari taman nasional ini didominasi oleh sabana.

Taman nasional seluas kurang lebih 25.000 Ha ini ditumbuhi sekitar 444 jenis tumbuhan dan 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Mamalia yang mendiami Taman Nasional Baluran di antaranya banteng, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul, kancil dan lain sebagainya. Jika datang di waktu yang tepat, traveler bisa melihat sekumpulan banteng yang keluar dari hutan untuk mencari makan.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah saat bulan Maret-Agustus. Di bulan-bulan tersebut, traveler dapat melihat langsung kawanan rusa dan jika beruntung traveler dapat melihat proses kawin mereka serta monyet yang memancing kepiting menggunakan ekornya.

Padang savana Baluran yang luas akan menguning saat musim kemarau, karena itulah tempat ini dijuluki sebagai Africa van Java. Namun, mengunjungi Baluran saat musim hujan juga menjadi pengalaman tersendiri melihat hutan Indonesia yang begitu hijau dan masih terjaga, dimana dari luasnya hutan Indonesia banyak yang sudah berkurang karena terbakar, ditebang atau beralih fungsi menjadi tempat tinggal sehingga suasana terasa lebih sejuk.

Savana Bekol merupakan salah satu spot terbaik di Taman Nasional Baluran. Hamparan padang savana yang berubah warna sesuai musim ini merupakan favorit semua wisatawan yang datang. Dengan latar belakang, Gunung Baluran, tempat ini pas banget dijadikan konten media sosial traveler lho.

Selain itu, di Savana Bekol juga terdapat kumpulan tengkorak banteng yang disusun apik. Di Taman Nasional Baluran juga terdapat Pohon Raisa, sebuah pohon meranggas (tanpa daun) yang terkenal setelah penyanyi Raisa melakukan syuting video klip di tempat ini dan kalo dilihat-lihat pohon ini cukup unik, tanpa daun dan berdiri sendiri di sekitar padang savana.

Puas menikmati Taman Nasional Baluran, 3 km dari Savana Bekol terdapat pantai cantik yang bernama Pantai Bama. Pantai dengan hamparan pasir putih ini cocok untuk bersantai sambil menanti senja. Di sekitar Pantai Bama juga terdapat dermaga mangrove yang tenang. Untuk sampai ke dermaga mangrove kita harus melewati jalan setapak diantara rerimbunan pohon mangrove dan kayu hutan yang menjulang tinggi.

Bagaimana mau datang saat rumput menguning atau pas hijau nih traveler?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED