Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2018 14:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mancing di Gunungkidul, Asyiknya ke Pantai Ngeden

Yasuspade
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Ngeden di kala sore
Pantai Ngeden di kala sore
detikTravel Community - Traveler yang hobi memancing, Gunungkidul punya pantai asyik yang menarik didatangi. Namanya Pantai Ngeden.

Salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yang terbilang baru ini adalah Pantai Ngedan atau Pantai Ngeden. Bukan baru karena baru diangkat di media, namun baru karena kini sudah tertata rapi, memiliki beberapa fasilitas penunjang dan belum lama ini juga baru dibuka sebagai tempat wisata resmi.

Pantai Ngeden terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Ngeden berada di antara Pantai Ngobaran dan Pantai Gesing. Untuk menuju ke pantai ini gampang-gampang susah.

Gampang karena sudah ada papan petunjuk untuk menuju pantai, walaupun bebebrapa petunjuk arah terlihat kecil dan kurang jelas. Susahnya adalah ketika hampir sampai ke area Pantai Ngeden jalannya sedikit rusak dan berlubang.

Pantai Ngeden didominasi oleh bebatuan karang kecil yang menyebar di sepanjang bibir pantainya. Jika kita ingin bermain air di pantai ini harus selalu berhati-hati. Di setiap sudut Pantai Ngeden sudah memiliki tempat sampah, sehingga diharapkan untuk pengunjung yang datang tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Dan yang menarik adalah dibuatnya jalan setapak berupa cor semen yang menghubungkan beberapa bukit di sebelah barat Pantai Ngeden. Jalan Setapak ini difungsikan sebagai penghubung antara Pantai Ngeden dengan Pantai Jugala dan Pantai Nglimun yang berada di sebelah barat.

Kedua pantai ini sebenarnya masih berada dalam satu area dengan Pantai Ngeden. Jika pengunjung lelah, di setiap titik sudah dilengkapi oleh gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari menikmati semilir angin dan memanjakan mata akan indahnya panorama laut selatan.

Pantai Ngeden juga memiliki kelebihan lain selain untuk sekadar berwisata terutama untuk traveler yang memiliki hobi memancing, karena dipantai ini terdapat beberapa spot untuk memancing.

Spot memancing di Pantai Ngeden sudah didukung dengan gazebo/bangunan beratap sehingga para pemancing tidak perlu kepanasan atau kehujanan ketika menunggu kailnya disambar ikan. Ketika sore hari saya mengunjungi Pantai Ngeden, ada pemancing di beberapa spot dan salah satunya bersama keluarga dengan perlengkapan lengkap.

Pantai Ngeden bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap namun tidak terlalu ramai. Terlebih jika punya hobby memancing.

Oiya, ada satu lagi yang saya suka dari tempat ini, yaitu tebing-tebing yang langsung memperlihatkan luasnya laut selatan. Spot ini sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera. Namun sebenarnya juga berbahaya karena tidak adanya pembatas, sehingga pengunjung harus selalu berhati-hati.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED