Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Okt 2018 08:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Begini Cara Liburan ke Karimunjawa

Foto 1 dari 4
Pemandangan Pulau Cemara Kecil dari atas
detikTravel Community - Karimunjawa adalah destinasi dengan pantai indah dan alam bawah laut menawan. Ada banyak banget spot liburan yang menarik di sana.

Jika sering mendengar Kepulauan Karimunjawa, pasti yang terlintas adalah penangkaran hiu dan bisa berenang dengan anak hiu yang jinak di sana. Namun saat ini saya tidak akan membahas tentang penangkaran hiu tapi pulau kecil tak berpenghuni dan indahnya pemandangan bawah laut Karimunjawa.

Kepulauan Karimunjawa berlokasi di Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Jika d'Traveler berasal dari Jakarta, kalian bisa naik kendaraan dengan beberapa pilihan.

1. Dari Terminal Kali Deres/Rawamangun/Lebak Bulus naik bus jurusan Jepara. Dari Terminal Jepara naik becak menuju Pelabuhan Kartini. Harga tiket bus dari Jakarta ke Jepara kurang lebih 200-300 ribu rupiah, becak dari Terminal Jepara ke Pelabuhan Kartini 35 ribu rupiah.

2. Naik kereta dari Jakarta ke Semarang, dari Semarang bisa naik bus travel/bus umum yang berhenti di Terminal Jepara dan dilanjut menggunakan becak atau bisa menyewa mobil untuk mengantar langsung ke Pelabuhan Kartini. Harga tiket kereta dari Pasar Senen ke Semarang kurang lebih 150-200 ribu rupiah satu kali jalan.

3. Jika naik pesawat kalian bisa terbang dari Jakarta menuju Bandar Udara Dewadaru yang transit di Semarang terlebih dahulu. Bandar Udara Dewadaru berlokasi di Pulau Kemujan Kecamatan Karimunjawa. Harga tiketnya kurang lebih 1-2 juta rupiah.

Jika d'Traveler memilih transportasi darat, dari Pelabuhan Kartini kalian harus membeli tiket ferry. Ada 2 pilihan tiket kapal yaitu Kapal Singinjai kurang lebih seharga 80 ribu rupiah dan Kapal Bahana Express seharga 150-175 ribu rupiah untuk satu kali jalan.

Saya naik kereta dari Pasar Senen-Semarang. Dari Stasiun Semarang Poncol Saya naik mobil sewaan yang mengantar sampai ke penginapan di Pelabuhan Kartini dengan waktu tempuh 2 jam. Tiba di penginapan Saya istirahat sejenak. Sore harinya saya bergegas jalan jalan di Pelabuhan Kartini sebari menunggu matahari terbenam. Hari itu saya sedang beruntung karena mendapatkan pemandangan yang sangat indah saat matahari terbenam. Pagi hari sekali Saya menuju pelabuhan dan bergegas masuk ke Kapal Singinjai. Tiba di Pelabuhan Karimunjawa Saya di jemput oleh Agent dari Karimunjawa.

Hari pertama Saya tiba di Kepulauan Karimunjawa, saya langsung diajak untuk snorkeling di beberapa spot. Spotnya masih jarang dikunjungi oleh orang banyak sehingga kalian bisa lebih puas menikmati alam bawah laut Karimunjawa. Salah satu tempat snorkelingnya yaitu di Takak Sendok. Bawah lautnya seperti apa? Bagus sekali! Di sana masih banyak koral mulai dari ukuran yang besar sampai yang kecil. Bentuknya sangat unik juga. Ada yang besar seperti otak, beberapa koral yang berbentuk bunga, ada juga yang berwarna ungu atau biru.

Saat itu pertama kalinya Saya melihat bintang laut berwarna biru dan melihat bulu babi loh! Senang sekali rasanya bisa melihat biota laut yang belum pernah dilihat.

Keesokan harinya berlanjut dengan snokeling dan berenang di tepi pantai.
Ternyata Kepulauan Karimunjawa memiliki banyak tempat indah. Salah satu pantai yang paling berkesan untuk Saya adalah pantai yang berada di Pulau Cemara kecil. Sebelum kapal menepi ke pantai Saya sudah terkagum kagum melihat hamparan laut yang dangkal namun memiliki air yang jernih.

Karena airnya yang dangkal, kapal tidak bisa bersandar di pantai. Saya bergegas turun dari kapal dengan kondisi air yang membasahi setengah badan. Namun itulah saat yang paling menyenangkan bisa berenang di air laut yang tenang dan membuat nyaman. Air sebening kristal memanjakan mata, pasir pantai yang putih bersih mengecup jari jemari kaki, angin sepoi sepoi menambah rileks perasaan.

Pohon yang rindang di pulau cemara kecil membuat nyaman orang yang hendak berteduh. Tapi saya tak ingin berdiam diri saja. Saya langsung berenang di tepi pantai dan sesekali narsis berfoto.

Pemandangan lautnya semakin menarik karena ada bukit hijau yang menghiasi. Sungguh pemandangan indah. Rasa syukur selalu terucap karena bahagia masih bisa menikmati alam indonesia yang indah.

Pantai di Pulau Cemara Kecil adalah salah satu bukti nyata indahnya Kepulauan Karimunjawa. Semoga Saya bisa menikmati pantai indah lainnya di Indonesia maupun luar negeri.