Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Okt 2018 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Widodaren yang Unik di Gunungkidul

Yasuspade
d'travelers
Foto 1 dari 5
Panorama indah dari atas tebing Pantai Widodaren
Panorama indah dari atas tebing Pantai Widodaren
detikTravel Community - Jika kamu berjiwa petualang dan ingin mengunjungi pantai unik, datanglah ke pantai Widodaren di Gunungkidul.

Pantai Widodaren adalah satu dari beberapa pantai di Gunungkidul yang lokasinya belum memiliki akses kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Sehingga, pantai ini terbilang masih sepi pengunjung dan tentunya masih sangat alami.

Ada 2 cara untuk menuju Pantai Widodaren, pertama adalah menuju pantai Ngerenehan terlebih daluhu, selanjutnya trekking kurang lebih 40 menit ke arah timur melewati beberapa bukit. Cukup jauh namun bukan berarti rute ini tidak ada nilai lebihnya, karena selama trekking kita akan menjumpai 2 pantai yang tidak kalah menarik.

Untuk rute yang kedua, dari Pantai Ngerenehan kita bisa terus memacu kendaraan ke arah timur melewati jalan berbatu yang cukup terjal dan merepotkan selama kurang-lebih 20 menit dan seletelah itu dilanjutkan dengan trekking selama 20 menit melewati 3 bukit.

Kelebihan dari Pantai Widodaren bukanlah pasir putih ataupun garis pantainya, namun yang membuat pantai ini begitu spesial adalah adanya tebing yang tepat berada di samping Pantai Widodaren. Tebing ini menjadikan Pantai Widodaren terlihat lebih unik tapi juga bikin panik lho. Tebing Pantai Widodaren didominasi oleh rerumputan dan karang-karang tajam, pemandangan luar biasa bisa kita saksikan dari atas bukit ini, dimana laut selatan yang membentang luas terlihat tepat di depan mata kita.

Tebing Pantai Widodaren memiliki area yang cukup luas. Di beberapa titik didominasi oleh rerumputan dan di beberapa titik lainnya didominasi oleh karang-karang tajam yang terdapat genangan air dengan volume yang cukup banyak. Sempat bertanya-tanya kenapa ada genangan air sebanyak ini di atas bukit yang dalam beberapa bulan ini tidak turun hujan. Ketika sedang berpikir untuk mencoba memecahkan misteri ini, tiba-tiba dari belakang muncul ombak tinggi yang mengguyur tanpa ampun.

Ternyata ombak tersebut berasal dari bawah yang menghantam dasar tebing dan airnya menyembur ke atas setinggi belasan meter hingga mencapai atas tebing, dan terjawab sudah kenapa bisa karang-karang di atas bukit tergenang air. Betapa beruntungnya saya, siang itu kebetulan air laut sedang pasang sehingga ombak yang menyembur menjadi lebih tinggi dan suara gemuruhnya bikin panik karena terdengar sangat keras. Fenomena ombak menyembur tidak hanya terjadi di satu titik, tetapi fenomena ini muncul di sepanjang tebing pantai Widodaren secara bergantian.

Keunikan dari Pantai Widodaren tidak hanya sajian panorama alam dari atas tebing dan fenomena ombak menyembur, karena tebing Pantai Widodaren selain unik ternyata juga fotogenik. Di beberapa titik tebing Pantai Widodaren bisa kita jumpai spot-spot alami yang menarik dijadikan latar photo untuk menghiasi media sosial.

Dari beberapa titik yang menarik untuk dijadikan latar foto, ada satu spot yang membuat saya panik nggak ketulungan. Spot tersebut adalah pinggir tebing yang di bawahnya langsung jurang yang dihantam ombak. Diperlukan niat dan keberanian, terlebih untuk orang yang tidak familiar dengan tempat tinggi seperti saya.

Berada di tebing Pantai Widodaren membuat saya terhanyut dalam suasana damai, semilir angin, suara deburan ombak dan teriknya sang surya membuat Pantai Widodaren menjadi sangat istimewa. Jika ingin mengunjungi Pantai Widodaren ataupun pantai-pantai di sekitarnya jangan lupa untuk membawa bekal, karena trekking di tengah teriknya matahari cukup menguras tenaga, juga yang paling penting adalah membawa pulang sampah yang kita hasilkan, karena Pantai Widodaren belum memiliki tempat sampah ataupun fasilitas penunjang lain layaknya pantai-pantai yang sudah dikelola.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA