Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2018 15:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Batu Karang Unik yang Jadi Ikon Pantai Buyutan

Yasuspade
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Buyutan tampak dari kejauhan
Pantai Buyutan tampak dari kejauhan
detikTravel Community - Tak jauh dari tepi Pantai Buyutan di Pacitan, ada batu karang yang tinggi menjulang. Batu karang itulah yang menjadi ikon Pantai Buyutan.

Pacitan, kabupaten yang terletak di ujung barat-bawah Provinsi Jawa Timur ini kaya akan keindahan alam. Pacitan memiliki julukan Kota Seribu Goa, karena memang banyak sekali gua-gua indah di kabupaten ini.

Selain gua, Pacitan juga terkenal dengan keindahan pantai yang cukup banyak jumlahnya yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Sehingga kita tidak akan bosan ketika berkunjung ke kabupaten ini.

Wisata di Kabupaten Pacitan tidak hanya didominasi oleh wisatawan dari Pacitan saja, tetapi banyak juga wisatawan dari Solo, Malang, Surabaya, Yogyakarta dan kota-kota lainnya yang penasaran ataupun terpikat oleh keindahan alam di sini.

Salah satu pantai yang unik dan pernah saya kunjungi adalah Pantai Buyutan. Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa timur. Keunikan dari Pantai Buyutan adalah adanya karang lancip layaknya gigi taring yang menjulang ke atas.

Karang ini juga terlihat gagah di tengah luasnya laut selatan. Sehingga tidak sedikit pengunjung yang datang ke pantai untuk mengabadikan indahnya karang menjulang khas Pantai Buyutan.

Akses menuju Pantai Buyutan tidaklah sulit. Selain sudah ada petunjuk arah yang jelas, jalannya pun mudah diakses untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah memarkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan.

Selanjutnya pengunjung harus trekking melewati jalan setapak dengan trek menurun untuk mencapai bibir pantai dariBuyutan. Selama trekking traveler akan disuguhi pemandangan luasnya laut selatan yang sangat indah.

Setelah trekking kurang lebih 15 menit, sampailah kami di bibir Pantai Buyutan. Pantai Buyutan memiliki pasir putih yang cukup luas sehingga jika ramai dikunjungi wisatawan pun pantai ini tetap nyaman, karena garis pantainya yang cukup luas.

Ombak-ombak tinggi yang membentur karang menghasilkan suara gemuruh bersahut-sahutan seolah menyambut kedatangan kami. Karang menjulang yang menjadi ikon pantai Buyutan memang mengalihkan pandangan begitu kami sampai di area Pantai Buyutan.

Karang ini fotogenik, tidak heran di media sosial banyak beredar foto karang Pantai Buyutan menjadi latar foto traveler. Selain karena karang lancipnya yang menjadi ikon dari Pantai Buyutan, pantai ini juga terkenal akan keindahan sunsetnya.

Walaupun matahari tenggelam tidak tepat di tengah lautan namun suasana ketika senja di pantai ini sangat romantis. Langit yang semula berwarna biru seketika berubah menjadi oranye, juga deburan ombak yang awalnya mengelegar menjadi syahdu dan damai.

Pantai Buyutan masih relatif sepi pengunjung. Namun pantai ini sudah memiliki banyak fasilitas penunjang, seperti toilet, warung, tempat sampah dan area parkir yang luas. Sehingga wisatawan tidak perlu binggung ketika mengunjungi pantai ini beramai-ramai.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED