Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Okt 2018 11:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Penyusuk, Pantai Indah di Bangka Utara

Foto 1 dari 5
Hampir sepanjang pantai Penyusuk terdapat batu-batu granit
Hampir sepanjang pantai Penyusuk terdapat batu-batu granit
detikTravel Community - Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan, tidak heran jika memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya Kepulauan Bangka Belitung.

Kepulauan Bangka Belitung mempunyai banyak pantai cantik untuk dijelajahi. Tidak mau ketinggalan dengan Pulau Belitung yang masih menyedot wisatawan karena buku dan film Laskar Pelangi, Pulau Bangka pun makin giat mempromosikan wisata pantainya.

Salah satunya, Pantai Penyusuk. Pantai ini terletak di bagian utara Pulau Bangka, tepatnya di Kota Belinyu. Pantai ini tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lain di Kepulauan Bangka Belitung. Air jernih dan hamparan batu-batu granit besar di bibir pantai serta beberapa perahu nelayan yang bersandar menambah kesan cantik tersendiri.

Berbeda dengan pantai di bagian Barat Pulau Bangka yang berhadapan langsung dengan Laut Natuna,Pantai Penyusuk ini tidak berhadapan langsung dengan laut lepas, dan diseberangnya ada pulau-pulau kecil, sehingga airnya tenang. Pengunjung bisa bermain-main air dan berenang tanpa khawatir akan ombak. Bahkan sangkin banyaknya batu-batu granit di pinggir Pantai Penyusuk ini, kita bisa bermain air dan kadang melihat ikan-ikan kecil yang terbawa air laut jika pasang, terperangkap di sela-sela batu granit seperti berada di kolam-kolam kecil.

Dari pinggir pantai Penyusuk ini, kita bisa melihat sebuah mercu suar yang berada di pulau kecil di tengah laut. Penduduk biasa menyebutnya Pulau Lampu. Hal ini karena lampu mercusuar yang dikelola oleh Kementrian ePerhubungan menyala di malam hari untuk memberi tanda kepada kapal yang lewat. Jika kita ingin menyebrang ke Pulau Lampu, dan pulau-pulau kecil lain di seberang Pantai Penyusuk, kita bisa menyewa perahu nelayan yang banyak bersandar dipinggir pantai.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA