Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Nov 2018 15:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Perpustakaan Malioboro yang Terlupakan

arief kas
d'travelers
Foto 1 dari 5
Yogya Library Centre
Yogya Library Centre
detikTravel Community - Nama Malioboro tentunya sudah tak asing di telinga traveler. Namun, tahukah kamu kalau di sana terdapat perpustakaan?

Selasa Wage, jalan Maliboro yang sepi dari pedagang kaki lima (PKL) membuat nuansa yang berbeda. Di sebuah sudut jalanan ini terdapat sebuah bangunan tua yang telah direnovasi dan beralih fungsi menjadi Perpustakaan Daerah.

Kaki saya pun membawa tubuh ini memasuki bangunan tua tersebut. Setelah selesai mengisi buku tamu, saya berkeliling ruangan dengan desain yang sangat klasik sekali.

Atap bangunan yang tinggi membuat sejuknya ruangan yang dipenuhi dengan tumpukan buku-buku lawas. Ketika saya membuka salah satu tumpukan buku tersebut, isinya berupa kumpulan koran dari berbagai penerbit. Ada banyak koleksi koran dari beragam penerbit di Yogyakarta dengan tahun lawas.

Seperti kembali ke lorong waktu, membawa salah satu artikel yang ada di koran lawas tersebut. Hanya 3 pengunjung di ruang perpustakaan tersebut, dan kita bisa membawa koleksi koran lawas tersebut sambil lesehan. Cara khas kota Yogyakarta.

Kyoto Book Corner merupakan salah satu bagian belakang bangunan ini dan terdapat mesin ketik lawas, komputer lawas hingga mesin cetak kuno. 

Ada salah satu dinding yang bisa dibuat untuk berswafoto. Kembali ke ruangan tengah, ada tangga berputar untuk ke lantai 2 bangunan ini.

Saya tertarik untuk naik ke atas dan menikmati kota Yogya dari balkon gedung ini. Sayang tangga tersebut ditutup untuk pengunjung.

Seharusnya dibuka untuk umum dan lantai 2 bisa dijadikan semacam cafe agar pengunjung bisa sambil menikmati koleksi yang ada di perpusatakaan itu.
Jangan lupa mampir ya dan luangkan waktu kalian di tempat ini!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED