Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Nov 2018 13:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sekolah Laskar Pelangi Ternyata Benar-benar Ada

MUHAMMAD ASYRAF
d'travelers
Foto 1 dari 5
Papan sekolah laskar pelangi
Papan sekolah laskar pelangi
detikTravel Community - Sekolah Laskar Pelangi di dalam novel karya Andrea Hirata begitu ikonik. Sekolah ini menjadi destinasi favorit wisatawan di Belitung.

Siapa sih yang tek tau Laskar Pelangi? Sebuah film motivasi anak sekolah yang sangat di gemari oleh semua kalangan dan suksess meraih berbagai penghargaan dalam dunia perfilman. Lokasi anak-anak dalam film yang dikisahkan berada di provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Belitung. Â

Film ini diangkat dari novel karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi yang dikeluarkan tahun 2005 lalu. Buku ini juga suksess djual di berbagai negara di dunia lengkap dengan terjemahan di masing-masing negara, wow luar biasa. Mendengar prestasi tersebut siapa sih yang tak kagum. Â

Saya sangat penasaran dengan novel yang diangkat dari kisah nyata tersebut. Apakah skolah yang diceritakan oleh penulis benar adanya, dan bagaimanakah bentuk dari sekolah tersebut. Â

Belum lama ini saya berhasil melakukan solo traveling ke Belitung sendirian ke Belitung. Karena penasaran saya mencoba mencari sendiri lokasi Sekolah Laskar Pelangi tersebut dengan hanya mengandalkan GPS. Penerbangan menuju belitung harus melewati rute Cengkareng-Tanjung pandan. Â

Awal saya landing di Belitung hal pertama yang saya lakukan adalah mengaktifkan HP saya dan mengecek lokasi tujuan fia maps. Namun diluar dugaan saya mendapat kendala yang cukup berat karena ternyata signal provider yang syaa gunakan sama sekali tidak ada disana.

Jadinya saya menggunakan cara manual nenek moyang kita ketika traveling zaman dulu, yakni bertanya dijalan pada orang lokal.

Jalan demi jalan saya telusuri sambil bertanya dimana lokasi Sekolah tersebut menggunakan kendaraan sepeda motor. Walaupun sempat tersesat beberapa kali saya akhirnya tiba di lokasi yang ditunjukkan warga sekitar.

Saya menoleh ke kiri dan kanan jalan kok ga ada tanda-tanda sekolah sama sekali. Ternyata sekolahnya berada di seberang tanah lapang yang luas. Sekolah Laskar Pelangi tersebut tak seperti sekolah yang saya bayangkan di kota-kota besar.

Hanya ada satu bangunan mirip rumah di tengah tanah lapang yang masih berdiri hingga 2018 ini. Kemudian saya mendekat dan melihat aktifitas didalam sekolah, ternyata hanya ada dua ruang kelas dengan enam bangku didalamnya, serta satu tiang bendera tepat di depan sekolah.

Saya benar-benar kagum, ternyata Sekolah Laskar Pelangi benar-benar ada seperti yang diceritakan di novel. Sekolahnya pun sangat unik dan khas. Disana saya benar-benar melihat perjuangan anak-anak Belitung yang ingin bersekolah seperti anak lain pada umumnya.

Perjalanan dari bandara menuju sekolah kurang lebih 3 jam melalui jalur darat. Hal tersebut membuat saya masuk angin karena saya hanya menggunakan kendaraan roda dua. Untungnya saya selalu bawa Tolak Angin di saku ransel saya, jadi jika masuk angin pun saya sama sekali tak khawatir sama sekali, karena ada Tolak Angin.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED