Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Nov 2018 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Dibuat Terpana Dunia Bawah Laut Singapura

Ira Filanisa
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ikan Moorish Idol
Ikan Moorish Idol
detikTravel Community - Traveler bisa wisata melihat dunia bawah laut tanpa basah di Singapura. Mampir saja ke S.E.A. Aquarium di Pulau Sentosa.

Lokasinya yang dekat Indonesia dan harga transportasi terjangkau, menjadikan Singapura sebagai tujuan liburan luar negeri orang Indonesia. Bahkan turis dari berbagai negara berkunjung juga ke negara termaju di Asia Tenggara ini.

Singapura memang terkenal akan patung Merlion yang kental dengan suansana kota moderennya. Tapi kita masih bisa temukan kehidupan alam di Singapura lho. Seperti yang saya kunjungi, kehidupan alam bawah laut di S.E.A. Aquarium, Pulau Sentosa, Singapura.

Isi hewan laut di sana berjumlah lebih dari 100.000 hewan laut, Membuat saya makin penasaran ingin melihat hewan laut apa saja yang ada di sana.
Perjalanan yang saya tempuh dari Merlion Park menuju Pulau Sentosa sekitar 45 menit menggunakan bus dan MRT. Setelah membeli tiket untuk masuk ke S.E.A. Aquarium, antriannya ternyata sangat panjang. Bahkan sampai ada sistem buka tutup saking penuhnya.

Namun, yakin tidak akan kecewa setelah mengantre lama di luar. Saat masuk, keunikan dan keindahan hewan bawah laut di aquarium raksasa ini membuat saya takjub.

Pemandangan awal yang saya lihat adalah beberapa hiu dibalik kaca berbentuk persegi besar, tersambung menuju koridor panjang dengan langit-langit aquarium.

Cukup mengerikan saat menyusuri koridor, karena macam-macam hiu lalu-lalang di sini. Dari mulai hiu macan, hiu putih hingga hiu berkepala martil yang saya tidak pernah lihat langsung sebelumnya.

Setelah melewati koridor ini, saya disajikan tabung raksasa berisi koral yang tinggi serta ikan tropis yang penuh warna. Gak bosan rasanya, saya bisa melihat ikan dengan beragam bentuk dan warna. Tapi masih banyak lagi lho yang belum dijelajahi.

Lalu saya melihat kuda laut, salah satu hewan laut favorit saya! Yang satu ini lebih memikat. Terlihat seperti kuda laut bersayap.

Membaca pada kotak deskripsi namanya adalah Common Seadragon atau Naga Laut yang berasal dari Australia. Sungguh bentuk yang tidak biasa dan menambah pengetahuan saya.

Kalau yang satu ini sangat menggemaskan! yaitu ubur-ubur. Ubur-ubur ini berenang dengan kepala terbalik lho. Mereka tidak menyengat. Namanya adalah Cassiopea Ornata atau biasanya disebut upside down jellyfish.

Mereka ada di dalam tabung besar yang polos, berenang naik dan turun. Warna putih dan garis birunya bikin saya terpukau. Oh ya, ternyata Ubur-ubur ini juga hidup di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur.

Satu lagi yang gak kalah menggemaskan adalah temannya Nemo. Dory kah? Bukan, tetapi Gill si ikan berwarna garis-garis hitam, kuning dan putih dengan goresan di matanya. Ya, satu ini adalah ikan jenis Moorish Idol yang gak kalah memikat.

Masih banyak lagi hewan laut yang memesona. Bermacam-macam ikan pari, belut hingga kepiting. Tidak bisa saya disebutkan satu-satu.

Oh iya, meskipun bangunan aquarium ini sangat besar, hebatnya suhu AC di dalam tetap dingin. Berbeda dengan suhu Singapura di luar ruangan Aquarium yang sangat panas.

Keliling di S.E.A. Aquarium bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam dengan suhu udara yang dingin. Bisa bikin saya masuk angin, karena terlalu lama di ruangan ber-AC.

Biasanya saya jalan-jalan di luar ruangan yang suhunya panas. Untungnya selalu membawa Tolak Angin saat bepergian jauh. Setelah keluar dari S.E.A. Aquarium yang ber-AC, tidak lupa minum Tolak Angin dulu untuk mengatasi masuk angin.

Jadi, jangan lupa ya persiapkan Tolak Angin sebelum kalian bepergian jauh. Siapa yang tahu, tiba-tiba masuk angin saat sedang jalan-jalan dan agar daya tahan tubuh selalu terjaga setiap bepergian jauh.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED