Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 01:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sudut Jakarta yang Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Taman Proklamasi
Taman Proklamasi
detikTravel Community - Akhir pekan ini saatnya bikin kegiatan liburan yang bikin kamu makin cinta Indonesia. Yuk ke Taman Proklamasi di Jakarta, tempat negeri ini dilahirkan.

Ada dua tempat yang amat sangat ingin saya kunjungi saat berada di Ibukota alias Jakarta yaitu Museum Perumusahan Naskah Proklamasi dan Taman Proklamasi. Namun sayangnya saat kunjungan pertama saya ke Jakarta setahun yang lalu, saya tidak sempat mengunjungi dua tempat tersebut karena saya kehabisan waktu akibat kelamaan menunggu antrean untuk naik ke Puncak Monas.

Oleh karena itu, dalam kunjungan ke Jakarta kali ini saya pun bertekad untuk mengunjungi dua tempat tersebut. Karena dua tempat tersebut merupakan saksi atas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Saksi atas lahirnya negara Indonesia.

Setelah selesai mengeksplor Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang ada di Jalan Imam Bonjol, saya pun segera menuju Taman Proklamasi yang berada di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat yang dulunya bernama Jalan Pegangsaan Timur No 56 yang juga merupakan rumah tinggal Bung Karno.

Taman Proklamasi adalah tempat dimana Bung Karno dan Bung Hatta membacakan naskah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai pernyataan atas merdekanya bangsa Indonesia.

Setelah meminta izin pada dua orang bapak-bapak yang berjaga di dekat gerbang masuk taman, saya pun segera menjelajahi taman bersejarah ini. Tempat dimana Bung Karno dan Bung Hatta membacakan naskah proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Saat ini di tempat Bung Karno dan Bung Hatta membacakan naskah proklamasi tersebut berdiri sebuah tugu peringatan yang diberi nama Tugu Petir. Disebut Tugu Petir karena di atas tugu ini terdapat lambang petir yang melambangkan kemerdekaan Indonesia yang cepat bagaikan petir. Di tugu tersebut pun tertulis, "Di Sinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Djam 10.00 Pagi Oleh Bung Karno dan Bung Hatta".

Tak jauh dari tugu ini terdapat patung besar bapak bangsa Indonesia yaitu patung Sukarno dan Mohammad Hatta yang terbuat dari perunggu. Posisi dan gaya patung tersebut persis seperti yang terlihat di foto dokumentasi saat mereka membacakan naskah proklamasi. Di tengah-tengah dua patung proklamator tersebut terdapat  patung naskah proklamasi.

Di sisi lain taman terdapat pula satu monumen kecil berbentu obeliks. Monumen ini dibangun sebagai peringatan atas satu tahun kemerdekaan Indonesia. Sedangkan di sekeliling taman dihiasi berbagai macam bunga berwarna-warni yang membuat suasana taman menjadi asri.

Berada di taman ini membuat saya merasa mengenang perjuangan para pahlawan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun sayangnya ada beberapa hal yang membuat taman ini terasa kurang memikat. Seperti lokasi patung Bung Karno dan Bung Hatta yang seharusnya di lokasi Tugu Petir, kemudian rumah Bung Karno yang sudah tidak ada lagi di lokasi ini.

Selain itu, taman ini pun seperti kurang mendapat perhatian penuh, karena seolah-olah hanya menjadi sebatas taman saja. Padahal tempat ini begitu bersejarah untuk republik ini. Sungguh sangat disayangkan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED