Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Jan 2019 13:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Kuliner Ayam Taliwang Lombok, Mantap!

Tommy Bernadus
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ayam taliwang dengan bumbu yang enak dan pas
Ayam taliwang dengan bumbu yang enak dan pas
detikTravel Community - Ayam taliwang terkenal akan kelezatannya. Traveling ke Lombok, tentunya sempatkan buat mencicipi makanan khas ini.

Setelah 11 tahun, saya akhinya mendapatkan kesempatan untuk bepergian ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terakhir saya ke Lombok adalah tahun 2007 lalu. Karena tugas dari kantor saya.

Saya ke Lombok dengan menumpang pesawat Hercules TNI Angkatan Udara, yang VIP. Sewaktu pertama kali ke Lombok, saya melalui bandara yang lama, Selaparang. Kali ini, saya mendarat di Bandar Udara Internasional Lombok, singkatnya BIL.

Tiba di Lombok, perut terasa lapar. Dan dalam perjalanan kami ke Mataram, keputusan dibuat. Makan Ayam Taliwang. Kalau ke Lombok tidak makan ayam taliwang, sudah pasti akan kurang rasanya. Karena bingung memilih, pengemudi bus yang mengantarkan saya dan rombongan, memilihkan restoran tempat makan ayam taliwang. Dia pasti tahu mana yang enak.

Perjalanan dari BIL ke Kota Mataram, kurang lebih setengah jam. Kami diantarkan ke Restoran Taliwan Irama 3. Karena belum jam makan siang, restoran belum terlalu ramai. Oh iya, karena pengemudi bus mengetahui nomor telepon restoran ini, makanan bisa dipesan terlebih dahulu. Jadi, ketika kami sampai, sudah siap tinggal makan saja.

Ketika kami tiba memang sudah tersaji di meja. Nggak perlu nunggu lama. Yang tersaji di meja bukan hanya ayam taliwang saja. Ada ikan dan juga plecing. Plecing ini memang khas Lombok. Ada kangkung, tauge dan kacang direbus plus sambal. Tapi, kali ini sambal dipisah. Biasanya plecing sambal sudah disiram di atas. Saatnya makan!

Ayam Taliwang di restoran Irama 3 ini memang begitu menggoyang lidah. Tidak terlampau pedas dan bumbunya meresap hingga ke daging. Daging ayam juga begitu empuk, memang enak. Sambal dan plecing juga membuat santapan semakin lengkap. Ada daging dan ada sayuran.

Tidak salah memang pilihan pengemudi bus yang mengantarkan kami. Makan ayam taliwang di Irama 3 ini juara! Mungkin kalau ke Lombok lagi, saya akan kembali mampir kemari.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ternate, Secuil Surga di Maluku

Rabu, 26 Jun 2019 10:50 WIB

Ternate, sebuah kota di pulau kecil di timur Indonesia mempunyai destinasi wisata yang sangat indah. Pantai, danau, gunung semua lengkap dan indah!