Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Des 2018 11:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

7 Destinasi Yogyakarta Cocok untuk Liburan Keluarga

Ira Filanisa
d'travelers
Foto 1 dari 5
Siap-siap makan siang di dalam pesawat
Siap-siap makan siang di dalam pesawat
detikTravel Community - Inilah tempat wisata keluarga di Yogyakarta mulai dari makan dalam pesawat, ke candi yang tersusun seperti puzzle hingga belanja di Pasar Beringharjo.

Yogyakarta memang selalu menjadi kota yang mengesankan bagi wisatawan. Karakter orang-orangnya yang ramah, sederhana dan hangat bikin rindu untuk balik lagi ke Jogja. Tidak hanya itu, Jogja juga menyajikan banyak tempat wisata untuk keluarga dari mulai pantai, candi, museum sampai dengan pasar tradisional.

Saya adalah salah satu yang rindu dan berkesempatan ke Jogja untuk kedua kalinya. Berbeda dengan pertama kali pergi bersama teman-teman, kali ini saya membawa keluarga dari Jakarta untuk menikmati liburan panjang. Berhubung keluarga yang ikut kebanyakan adalah tante saya, tentunya tujuan wisata keluarga akan lebih berbeda dengan wisata bersama teman-teman.

Berkunjung ke tempat yang tidak jauh dari pusat kota dan dekat dari hotel, agar lebih terjangkau oleh tante-tante saya. Nah ini dia, tempat wisata di Yogyakarta yang saya kunjungi bersama keluarga:

1. Candi Boko

Berlibur ke Jogja rasanya tidak komplit ya kalau tidak ke Candi. Kali ini saya mengajak keluarga ke Candi Boko. Cukup dengan waktu 45 menit dari pusat kota, kita sudah sampai di tujuan. Biaya tiket masuk ke Candi Boko ini adalah Rp 40.000/orang.

Candi ini sudah dipergunakan sejak abad ke-8 lho. Bisa terlihat dari setiap batu-batu yang bentuknya unik dan tidak biasa. Batu tidak berbentuk kotak atau balok seperti candi lain, melainkan setiap batu seperti puzzle. Di mana bentuk satu sama lain berbeda tapi bisa disatukan hingga menjadi candi. Bagaimana beratus-ratus batu yang berbeda bisa tersusun rapi menjadi candi? Itulah keunikan yang mengundang wisatawan ke Candi Boko.

Selain itu di halaman luasnya, banyak terdapat gazebo dengan pemandangan hijau. Pas untuk kumpul keluarga sambil beli jajanan dari pedagang di sana.

2. Pantai Parangtritis

Bagi yang belum pernah ke Jogja menurut saya harus ke sini. Hanya satu jam perjalanan dari Candi Boko kita sampai di pantai terpopuler di Jogja.

Saat menginjak pasir pantai, jangan lupa melepas alas kaki dulu ya. Karena pasir Pantai Parangtritis lumayan panas saat siang dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Cocok banget buat para tante saya nih sekalian terapi kesehatan.

Selain itu dekat pantai juga tersedia payung besar dan penyewaan tikar. Bisa untuk kumpul keluarga sambil membeli kelapa muda. Untuk harga tiket masuk, tenang aja Pantai Parangtritis gratis kok!

3. Tamansari Water Castle

Nah, ini salah satu tempat wisata Jogja yang instagramable dan berada di pusat kota. Water Castle atau Istana Air merupakan bangunan berupa gedung klasik bernuansa Belanda. Aku dan keluarga bisa berfoto dengan bangunan ala-ala Eropa berpadu dengan pemandangan kolam.

Biaya masuk ke sini terjangkau kok, hanya Rp 5.000/orang. Bagi kalian yang membawa kamera selain kamera handphone, harus beli tiket izin permit foto juga ya hanya Rp 3.000/kamera.

4. Makan Siang di Dalam Pesawat

Pengalaman tidak terlupakan banget nih, bisa makan bareng keluarga di dalam pesawat beneran. Tepatnya di daerah Kabupaten Sleman, 40 menit dari pusat kota.

Selain makan di dalam pesawat, kita juga merasakan benar-benar seperti di bandara lho. Mulai dari barang kita yang di scan x-ray di pintu masuk, lalu menunggu nomor penerbangan boarding hingga landing. Tenang aja, tidak beneran terbang kok. Boarding artinya kita sudah bisa makan ke dalam pesawat dan landing artinya waktu makan kita sudah habis di dalam pesawat.

Pesawat ini sudah tidak terpakai dan dimanfaatkan menjadi tempat latihan para calon pramugari. Sebelum makan kita akan menikmati peragaan keselamatan pesawat, oleh calon pramugari tersebut. Selain itu, bisa menjelajahi isi pesawat juga lho. Salah satunya melihat dan berfoto di kokpit pesawat.

Biaya di sini hanya membayar makanan saja kok, tidak ada tiket masuk. Saya cukup mengeluarkan biaya Rp 320.000 dan delapan orang sudah makan kenyang.

5. Jalan Malioboro

Saat ke Jogja, pasti nggak akan lupa ke jalan ke sini. Malioboro sudah menjadi ikon Kota Jogja di benak saya. Sepanjang jalan ini menyajikan macam-macam makanan Jogja yang dijual lesehan. Selain itu juga banyak penjual pakaian khas Jogja di sisi jalan ini yang serba murah. Nah kalian juga bisa naik delman atau becak dari sini lho, untuk keliling pusat Kota Jogja.

6. Pasar Beringharjo

Karena saya liburan bareng tante-tante, pasti nggak akan jauh dari belanja. Masih di jalan Malioboro, saya masuk menuju Pasar Beringharjo. Kita bisa belanja murah sepuasnya di pasar ini. Dari mulai baju, lonceng, miniatur becak, es dawet, pecel hingga kerokan bisa ditemukan di sini. Lebih asiknya, belanja di sini bisa tawar menawar dan pedagangnya ramah-ramah!

7. Pabrik Bakpia

Pulang dari Jogja pastinya beli bakpia untuk oleh-oleh. Nggak hanya beli, saya mengajak keluarga ke pabrik bakpia. Tepatnya di daerah jalan Letjen Suprapto. Kita bisa melihat bagaimana proses pembuatan bakpia dari awal hingga berakhir ke tangan pembeli. Pegawainya juga sangat menyambut kita saat masuk ke area pembuatan bakpia. Jangan khawatir, masuk ke pabrik bakpia ini juga gratis lho.

Nah itu dia tujuan wisata keluargaku di Jogja, semoga bisa menjadi rekomendasi liburan keluarga kalian ya. Oh ya, waktu liburan yang dihabiskan adalah 4 hari 3 malam. Transportasi yang kita pilih dari Jakarta hingga Yogyakarta adalah Kereta Api.

Nah, untuk memesan tiketnya saya pilih lewat aplikasi tiket.com. Pesan jadi lebih mudah dan lebih murah lho. Banyak promo yang ditawarkan saat saya membeli tiket kereta api.

Paling penting juga, saya bisa memilih kursi kereta di tiket.com. Jadi, bakalan nyaman delapan jam duduk di kereta menuju Jogja. Bahkan tiket.com sudah menjadi partner PT. KAI dari tahun 2012 hingga sekarang. Jadi kalian mau ke mana? Ke mana pun tiket.com aja!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA