Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 11:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bukan Raja Ampat, Ini Labengki Bung!

Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Raja Ampat tidak selamanya di Papua. Pemandangan serupa Raja Ampat juga ada di Kendari, Sulawesi Tenggara. Ini Labengki Bung!

Kali ini saya akan becerita tentang pengalaman saya berlibur di Pulau labengki, Tidak jauh dari pusat kota Kendari. Hanya berdurasi 30 menit dari kota dengan menggunakan mobil dan dilanjutkan perjalanan menggunakn speed kurang lebih 1 jam kita akan sampai di Pulau Labengki.

Banyak pulau yang bertebaran di sekeliling Pulau Labengki. Kali ini saya akan singgah dan bermalam di Pulau Labengki kecil dimana hanya di pulau ini warga bisa tinggal dan hidup. Pekerjaan utama penduduk Labengki Kecil ialah nelayan. Mereka sudah lama tinggal di sini.

Keesokan harinya saya diajak untuk mengunjungi pulau tetangga yang tidak jauh dari Pulau Labengki. Kurang lebih 1 jam perjalanan saya sampai di Pulau Sombori. Di sini kita bisa lihat gugusan pulau dari atas bukit kayangan yang banyak orang bilang miniatur Raja Ampat.

Saya Takjub dengan keindahan pulau yang satu ini. Tidak hanya itu, ternyata di Pulau Sombori juga ada Goa prasejarah yang banyak orang bilang adalah Goa Berlian. Air Kiri, Pantai Kita, Goa Alo, dan Rumah nenek adalah beberapa destinasi yang saya explore.

Saya juga tidak ingin membuang kesempatan saya snorkeling di pulau ini. Bahkan hampir 1 jam saya snorkeling di Pulau Sombori, yang letak spot snorklingnya tidak jauh dari pemukiman warga. Terumbu karang dan ikan di sini sangat terjaga. Tidak terasa sore datang dan saya harus kembali ke ke Pulau Labengki Kecil.

Hari berikutnnya saya mengajak salah satu warga untuk menemani saya explore beberapa tempat di Labengki Kecil. Tujuan pertama saya adalah Pantai Pasir Panjang. Di sini kita dapat melihat hamparan pantai berpasir panjang berwarna putih.

Di depan pantai, kita juga dapat langsung snorkeling. Kurang lebih 30 menit saya snorkeling. Keindahan terumbu karang di pulau ini sangat luar biasa cantiknya.

Lalu saya diajak untuk melihat Teluk Cinta, dimana ini sebagai icon Pulau Labengki. Kurang lebih 10 menit dari tempat saya snorkeling saya sudah sampai di spot Teluk Cinta. Kita harus treking kurang lebih 5 menit untuk mencapai puncak Teluk cinta.

Setelah asyik foto-foto, waktu saya hanya ada beberapa jam lagi sebelum pulang. Saya diajak mampir ke gua di Pulau Labengki, Goa Tobelo namanya. Di sini kita akan masuk ke dalam goa dengan cara menunduk.

Kurang lebih 50 meter kita sudah masuk di dalam Goa Tobelo. Sekali lagi, saya takjub dengan keindahan alam di Indonesia. Terdapat Danau Biru seperti Blue Lagoon di dalam Goa Tobelo ini. Sungguh luar biasa.

Tidak lama-lama, siang hari saya kembali ke Pulau Labengki Kecil untuk bersiap-siap kembali ke Kota Kendari. Ada beberapa saran dan tips untuk mengunjungi Pulau Labengki:

1. Waktu terbaik ke Pulau Labengki ialah Juli-November
2. Siapkan Powerbank, untuk berjaga-jaga
3. Obat obatan pribadi
4. Tumbler (untuk mengurangi sampah plastik)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED