Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Des 2018 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keliling Jakarta Gratis Naik Bus Ini

Jetrani Reza Dias
d'travelers
Foto 1 dari 5
Setiap penumpang akan diberi tiket ini sebagai syarat untuk naik bus
Setiap penumpang akan diberi tiket ini sebagai syarat untuk naik bus
detikTravel Community - Keliling Jakarta gratis, bisa naik bus wisata Transjakarta. Bus ini membawa traveler melewati sejumlah objek wisata populer di ibu kota.

Traveling gratis keliling Jakarta? Mungkinkah itu? Tentu saja mungkin. Traveling identik dengan bepergian ke luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri. Biaya yang dibutuhkan pun tidak sedikit karena kita harus naik bus, kereta, bahkan pesawat. Namun siapa sangka ternyata kita bisa lho liburan gratis di Jakarta.

Jangan salah, meski dikenal sebagai kota metropolitan, Jakarta tak hanya dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit. Ternyata banyak sudut di kota Jakarta yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga sebagai destinasi wisata di akhir pekan dan bisa dilakukan secara gratis. Gimana caranya? Cukup naik bus wisata Transjakarta.

Jadi, Pemda DKI Jakarta dan PT Transjakarta menyediakan bus wisata berbentuk tingkat yang tarifnya gratis untuk dinaiki wisatawan. Bus wisata Transjakarta ini disebut dengan bus Jakarta Explorer yang saat ini memiliki 5 rute wisata yang berbeda. Bus ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di kota Jakarta.

Bus juga dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi serta bus attendant (on board) yang bertugas memberikan penjelasan mengenai ikon-ikon kota Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut, dari mulai bangunan, nama jalan, hingga gedung-gedung yang ada di kota Jakarta.

Kita juga bisa turun di lokasi-lokasi yang diinginkan, tak harus naik bus yang sama dari awal hingga selesai. Dijamin setelah turun dari bus ini wawasan kita akan kota Jakarta dan segala seluk-beluknya akan bertambah.

Rute-rute serta jam operasional yang dimiliki oleh bus wisata Jakarta Explorer ini yaitu:
-BW1 Sejarah Jakarta (History of Jakarta)
-BW2 Jakarta Baru (Jakarta Modern)
-BW3 Kesenian dan Kuliner (Art and Culinary)
-BW4 Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)
-BW5 Ruang Terbuka (Jakarta Open Space)

Penumpang bisa naik dari titik-titik yang sudah disediakan. Sebelum naik, petugas akan membagikan tiket untuk seluruh penumpang dan tidak boleh ada penumpang yang berdiri dan berjalan-jalan di lorong selama bus bergerak. Selain itu kita tidak boleh makan dan minum selama perjalanan.

Waktu itu aku memilih rute BW1 dan berkeliling berbagai lokasi bersejarah Jakarta. Waktu itu aku naik dari halte Kota Tua. Tak perlu lama mengantre karena bus ini kapasitas penumpangnya cukup banyak.

Sepanjang jalan, bus attendant memberikan penjelasan tentang berbagai hal dari mulai sejarah Stasiun Kota, kawasan Olimo, nama sungai yang mengaliri Jakarta, sejarah Monas, sejarah pembangunan Masjid Istiqlal dan gereja Katedral, hingga nama jalan protokol dan kisah tentang pahlawan di balik nama jalan tersebut.

Nantinya semua penumpang harus turun di lokasi tertentu untuk berganti bus. Kita bisa tetap melanjutkan rute yang sama atau berganti rute bus lainnya, tapi harus turun dulu dan antre lagi dari awal.

Berhubung perjalanan bus ini cukup lama, waktu itu aku membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk kembali lagi ke titik awal di Kota Tua, pastikan kalian sudah makan dan tak lupa minum ketika turun dari bus.

Terlebih di musim hujan seperti saat ini, udara juga lebih dingin dari biasanya. Kalau perut kosong, aku bisa gampang masuk angin. Makanya, aku selalu sedia Tolak Angin Sido Muncul di dalam tasku.

Tolak Angin adalah obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering dan badan terasa dingin yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan herbal dan madu serta ramuan lainnya.

Tolak Angin berkhasiat mengobati masuk angin karena kehujanan, kurang tidur, atau terlalu lelah. Berguna juga untuk menjaga stamina tubuh saat bekerja lembur atau melakukan perjalanan jauh dan mencegah mabuk perjalanan. Wah, pas banget nih buat aku yang sering jalan-jalan.

Ukuran Tolak Angin kecil dan praktis. Tinggal sobek ujungnya, lalu minum deh. Selain diminum langsung, Tolak Angin juga bisa dicampur ke dalam teh panas. Lebih hangat dan lebih nikmat. Kalian harus cobain juga deh. Jangan lupa selalu sedia Tolak Angin di dalam tas ya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA