Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Des 2018 14:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Komplet di Kota Terbesar Kedua Setelah Jakarta

Saepulloh
d'travelers
Foto 1 dari 5
Reservasi hotel? Pake  aplikasi tiket.com aja!
Reservasi hotel? Pake aplikasi tiket.com aja!
detikTravel Community -

Surabaya, kota terbesar kedua setelah Jakarta menawarkan wisata lengkap yang menarik wisatawan. Coba liburan akhir tahun ke sini yuk!

Hallo Guys, kali ini aku mau cerita perjalan aku di Kota Terbesar ke-2 setelah Jakarta nih. Kalian tau nggak kota apa? Ituloh yang lambangnya Sura dan Buaya. Tau kan? Kalo nggak tau kebangetan.

Yap betul, Kota Surabaya. Nah aku mau sedikit cerita nih, aku kan suka banget upload foto-foto travelling di Media Sosial nih guys, dan nggak sedikit yang kepo dan tanya-tanya nih.

Kok abang jalan-jalan terus sih? Banyak uang ya? Atau ada yang tanya, Abang nginep di hotel mana sih? Kok bagus yaa hotel dan view-nya. Itu pasti mahal yah bang?, dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Nih yah guys aku kasih tau rahasianya. Tapi jangan salahin aku yah kalo kalian jadi kecanduan buat travelling. Selama ini aku pakai aplikasi tiket.com untuk semua kebutuhan travelling aku. Udah pada tau dong yah?

Nah aku kan hobi banget travelling nih. Apa lagi sih yang di incar para traveller kalau bukan tiket promo ya kan? Ya hitung-itung ngirit, tapi tetep bisa jalan-jalan.

Kalau kalian buka aplikasi tiket.com pasti deh kalian akan liat tiket pesawat, tiket kereta api, reservasi hotel, sewa mobil, hingga tiket event dan atraksi itu semuanya selalu ada promo. Gimana aku nggak tergila-gila sama tiket.com.

Kayak perjalanan aku ke Surabaya ini nih. aku kan nginep di Varna Culture Hotel Tunjungan Surabaya dan aku reservasi hotelnya menggunakan aplikasi tiket.com. Selain aku mendapatkan potongan harga, aku pun akan mendapatkan poin atau yang biasa disebut TIX Poin yang langsung aku dapatkan setiap aku melakukan transaksi menggunakan tiket.com.

Poin tersebut dapat digunakan untuk discount di mercant. Poin juga dapat ditukarkan dengan barang-barang pilihan kita, atau juga kalian bisa gunakan untuk potongan harga langsung di tiket.com. Untung banget nggak tuh?

Kalau kita ngomongin Surabaya pasti identik dengan Kota Pahlawan, ya kan guys? kayak destinasi pertama aku di Kota Surabaya nih. Kemana lagi kalau bukan ke Museum Sepuluh Nopember Surabaya.

Nah, Museum ini satu lokasi dengan Tugu Pahlawan. Untuk alamatnya ada di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan. Oh iya FYI ya guys, Museum Sepuluh Nopember ini didirikan untuk mengenang jasa are-arek Suroboyo dalam pertempuran heroik pada tanggal 10 Nopember 1945.

Selain itu, kalian akan disuguhkan banyak peninggalan-peninggalan Bung Tomo. Seperti Mobil yang digunakan Bung Tomo pada kala itu, rekaman suara Bung Tomo, dan masih banyak lainnya.

Museum ini terdiri dari dua lantai dan dilengkapi dengan fasilitas lift untuk penyandang disabilitas atau pengunjung yang sudah berusia. Kalian juga akan melihat banyak diorama dengan teknologi yang sudah sangat mumpuni untuk menceritakan Sejarah Pergerkanan Arek-Arek Suroboyo. Oh iya sampai lupa, HTM-nya itu Rp 5.000 per orangnya.

Setelah kalian dari museum, jangan lupa untuk keliling ke Tugu Pahlawannya. Lokasinya persis ada di pintu masuk menuju museum. Selain melihat Tugunya yang berbentuk Paku Terbalik, kalian juga bisa melihat Patung Ir. Soekarno dan Bung Hatta berdiri kokoh menghadap ke jalan.

Nah, setelah dari Museum Sepuluh Nopember, aku melanjutkan perjalanan ke salah satu museum yang tak kalah terkenal nih di Surabaya. Hayo tebak museum apa? Yap betul banget. Namanya adalah House of Sampoerna atau yang biasanya dikenal dengan sebutan Museum Kretek Indonesia.

Untuk lokasinya ada di Jalan Taman Sampoerna 6. Museum ini adalah tempat produksi pertama kali Rokok Sampoerna setelah bangunan bergaya kolonial ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri Sampoerna.

Masuk ke museum ini gratis. Kalian hanya menujukan KTP/SIM/Passpor kalian. Loh emang buat apa bang? Gini, jadi petugasnya akan melihat tanggal lahir kalian yang terdapat pada kartu identitas. Loh Kenapa lagi dengan tanggal lahirnya? Inikan museum rokok yah, pengunjungnya pun harus di atas 17 tahun. Jadi untuk yang belum 17 tahun harap bersabar yah.

Oh iya di sini kalian akan melihat banyak banget pengetahuan baru. Mulai dari Sejarah Keretek di Indonesia, Ruangan pembuatan rokok dari mesin-mesin zaman dulu, sampai dengan spot foto yang instagramable banget.

Museum ini terdiri dari dua lantai dan yang paling aku suka adalah ornamennya yang keren banget. Selain itu fasilitas penunjang museum juga lengkap. Ada musolah, cafe, sampai tempat beli oleh-oleh khas Museum Kretek juga ada. Dari Museum ini kalian juga bisa naik bus gratis untuk keliling Kota Surabaya.

Setelah dari House of Sampoerna dan waktunya sudah sore, jadi alangkah baiknya kita liat Sunset. Kalian pernah dengar Surabaya North Quay nggak? Pasti udah dong ya. Ini salah satu destinasi baru yang ada di Surabaya dan akan penuh dengan pengujung di kala weekend dan waktunya sore hari.

Buat yang belum tau apa itu Surabaya North Quay (SNQ) jangan khawatir. Jadi SNQ ini merupakan Terminal Gapura Surya Nusantara tempat bersandarnya Kapal Pesiar (Cruise) Internasional yang dikelola oleh PT Pelindo III (Persero). Nah untuk alamatnya ada di Gapura Surya Nusantara.

Untuk lokasinya ada di lantai 2 dan 3. HTM-nya itu Rp 10 ribu per orang. Tenang saja, dengan HTM tadi kalian mendapatkan voucher yang dapat ditukar dengan makanan atau minuman sesuai HTM dan apabila makanan atau minuman yang kalian pesan harganya lebih mahal, bisa kalian tambah dengan uang kalian di counter pembayaran. Enak kan?

Momen paling pas itu adalah saat sunset. Kalian bakal ngeliat matahari yang menguning di atas kapal-kapal pesiar yang sedang bersandar. Menenang dengan angin laut dan hilir mudik orang-orang yang memenuhi pelataran atas rooftop SNQ.

Banyak banget loh spot yang instagramble banget di sini. Jadi jangan lupa abadikan banyak momen di tempat ini ya. Kapan lagi kan liat sunset ditemenin kapal-kapal pesiar internasional kalo bukan di SNQ.

Nggak kerasa sudah malem saja. Waktunya balik ke hotel untuk istirahat. Sebenernya sih masih banyak tempat wisata di Surabaya yang wajib banget dikunjungi. Tapi apa daya badan meminta untuk istirahat, jadi harus pulang ke hotel.

Aku mau kasih saran nih buat kalian yang doyan jalan-jalan kayak aku tapi uang kita pas-pasan, jangan khawatir. Kalian cukup download aplikasi tiket.com di handphone kalian karena tiket.com telah bekerjasama dengan lebih dari 50 maskapai penerbangan domestik maupun internasional, dan terhubung di lebih dari 180.000 jaringan hotel di seluruh dunia.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA