Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Des 2018 13:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Oh Belitung, Kau Begitu Indah

Almira Santoso
d'travelers
Foto 1 dari 5
Keindahan Pantai Pulau Burung
Keindahan Pantai Pulau Burung
detikTravel Community - Keindahan Belitung memang memikat siapapun. Mulai dari pantai, kuliner dan pulau-pulau kecilnya. Siapapun pasti ingin balik lagi ke sini.

Naik daun karena film Laskar Pelangi membuat kami penasaran dengan keindahan alam dan kelezatan kuliner Pulau Belitung. Pantai yang bersih dengan ciri khas batu-batu besar yang tinggi menjulang merupakan pemandangan indah yang yang tidak biasa.

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Berlarilah tanpa lelah, sampai engkau meraihnya. Laskar pelangi, takkan terikat waktu. Bebaskan mimpimu di angkasa, warnai bintang di jiwa. Begitulah kami ga habis-habisnya mendendangkan lagu Laskar Pelangi dari Nidji untuk perjalanan kami ke Belitung.

Karena film dan lagu Laskar Pelangi lah kami tertarik untuk melihat keindahan Indonesia di Pulau Belitung,tentunya pembelian tiket pesawat dan akomodasi hotel semua kami pesan melalui Tiket.com. Harga bersaing, tampilannya mudah dilihat, pembayarannya pun cepat dan aman.

Begitu melakukan pembayaran tak lama kemudian tiket dan voucher hotel langsung dikirim ke email kalian, bukan itu saja Tiket.com juga sms ke nomor kalian yang terdaftar lho. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga, siapa tahu emailnya terhapus, ada back up berupa sms dan didalam aplikasinya sendiri. Asyik kan?

Pulau Belitung atau Belitong (menurut bahasa setempat) terbagi menjadi 2 kabupaten, Kabupaten Belitung (Tanjung Pandan) dan Belitung Timur (Manggar). Sebagian besar penduduknya akrab dengan kehidupan bahari. Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat Belitung. Selain itu, pantai di Belitung indahnya gak nanggung-nanggung. Sebut saja Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Pulau Kepayang, Pulau Burung, Pulau Lengkuas, dan masih banyak pantai indah lainnya yang belum semapt kami kunjungi. Bahas satu persatu yuk!

Pantai Tanjung Kelayang terletak 27 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai Kelayang bikin mabuk kepayang. Gimana tidak? Setiap tahunnya pantai ini menjadi tempat singgah kapal-kapal yacht yang mengikuti Rally Sail Indonesia.

Warna air lautnya yang berwarna biru kehijauan, pasir putih halus, bebatuan yang tinggi menjulang merupakan daya tarik tersendiri pantai ini. Dari bagian barat pantai ini kalian bisa melihat Pulau Kepayang. Kalian bisa menyewa boat dari Pantai Tanjung Kelayang untuk menikmati pantai di Pulau Kepayang.

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Terletak 30 km dari kota Tanjung Pandan. Jangan khawatir aksesnya mudah kok. Temapt penginapan juga tersedia dekat pantai ini. Dijamin kalian betah berlama-lama di sini. Snorkeling dan memancing kegiatan yang ga boleh kalian lewatkan.

Dari bentuk batu granit yang menyerupai kepala burung lah sebutan untuk Pulau Burung ini tercipta. Untuk sampai kesini kalian butuh menyewa perahu dari Tanjung Binga. Butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan dari Tanjung Binga ke Pulau Burung.

Beralih ke Pantai Lengkuas. Tentu saja Pantai Lengkuas adalah pantai wajib kunjung jika kalian datang ke Belitung. Diantara pantai lainnya yang sudah kita bahas sebelumnya, Pantai Lengkuas adalah pantai yang paling ramai wisatawan. Di pantai ini berada mercusuar.

Kalian di persilahkan untuk naik ke mercusuar tersebut sehingga bisa melihat pemandangan pulau dan laut dari ketinggian. Sebagai tambahan informasi, mercusuar tersebut telah ada ratusan tahun lamanya. Sekitar tahun 1882 mercusuar tersebut dibangun.

Selain pulau dan pantainya yang indah, Belitung punya destinasi wisata yang kalah menarik lainnya. Sebut saja Vihara Dewi Kwan Im, Museum Kata Andrea Hirata, Kampung Ahok, SD Muhammadiyah Gantong, dan Danau Kaolin. Kulinernya juga tidak kalah menarik dan harus kalian coba. Belitung terkenal dengan warung kopinya sebut saja Kopi Kong Djie contohnya.

Sudah berjualan sejak 1943 dan Waroeng Kopi Ake. Kopi susu dan telur setengah matang adalah menu wajibnya. Mie Belitung Atep di Jl.Sriwijaya, Kompisisinya adalah mie, kentang, timun, udang, tahu, dan emping kemudian disiram dengan kuah. Gurih! Di samping itu ada gangan sebagai kuliner khas Belitung. Ciri khasnya adalah kuahnya yang berwarna kuning. Bumbu dasarnya diantaranya ada lah kunyit, lengkuas, kemiri, terasi, bawang merah, cabe rawit, dan cabe merah besar. Lezat!

Gimana? Tertarik menikmati pantai pulau-pulau di Belitung dan kuliner lezatnya?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA